Polres Cilacap Tangkap Komplotan Penipu Lintas Provinsi

user
agus 30 Agustus 2018, 21:25 WIB
untitled

CILACAP, KRjogja.com - Sebanyak 3 mobil bak dan 55 unit sepeda motor dari berbagai merk disita, setelah Polres Cilacap menangkap tiga orang pelaku penipuan, penggelapan dan pencurian.

Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto didampingi Kasat Reskrim AKP Ongkoseno mengatakan, Kamis (30/8/2018), ketiga tersangka itu terdiri Sub (56) warga Desa Parungkamal RT001 RW 004 Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas, Eni (32) perempuan warga Desa Jatilaba RT 002 RW 014 Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal dan Suy (32) laki-laki warga Jalan Kendalisada Desa Bunton RT02 RW 07 Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. Tersangka Sub dan Eni yang berkomplot melakukan serangkaian penipuan dan penggelapan sepeda motor, dengan berpura pura sebagai pasangan pasangan suami istri. Kemudian mereka  mengajak ngobrol korban dengan mengalihkan perhatian, ketika korban lengah maka pelaku membawa kabur sepeda motor tersebut.

Menurutnya, dari pengakuan pelaku kawanan itu telah melakukan aksinya di 12 TKP (Tempat kejadian perkara) di wilayah Kabupaten Cilacap, Banyumas, Brebes, Tegal dan Ciamis," lanjutnya. Dari kedua tersangka itu petugas menyita 14 unit sepeda motor dari berbagai merk dan jenis.

Sedang tersangka Suy, dituduh sebagai penadah sejumlah mobil bodong yang diperkirakan hasil tindak kejahatan, dengan jalan membeli mobil-mobil bondong tersebut. Adapun mobil-mobil bondong itu dibeli dari daerah Cilacap, Banyumas dan Kota Banjar, Jawa Barat.

"Tersangka Sub dan Eni adam dijerat Pasal 378 dan atau 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,"katanya. Sedang tersangka Suy dijerat Pasal 480 KUHP tentang pertolongan jahat dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Terkait dengan pengungkapan kasus tersebut, Kapolres menghimbau masyarakat yang mengaku kehilangan sepeda motor dan mobil untuk mengecek ke Polres Cilacap dengan menunjukan bukti kepemilikan. (Otu)

Kredit

Bagikan