Dewan Tampung Aspirasi Petani Korban Banjir

user
ivan 07 Agustus 2018, 16:42 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGJA.com - Penanganan tersumbatnya muara Sungai Opak akan segera dilakukan agar tidak merendam lahan pertanian warga. Secepatnya akan didatangkan tenaga ahli untuk melihat langsung kelokasi muara, sehingga bisa tentukan langkah penanganan yang bakal diambil dimuara Opak.

"Saya akan membawa tenaga ahli untuk melihat langsung ke muara Opak, sehingga langkah yang akan diambil dalam melakukan  penanganan bisa tepat," ujar anggota Komisi IV DPR RI, Drs Gandung Pardiman MM disela meninjau lahan bawang merah yang terendam di Srigading Sanden Bantul, Selasa (07/08/2018).

Baca juga :

Kerugian Akibat Gelombang Tinggi di DIY Capai Rp 7,2 M

Gelombang Tinggi Capai 8 Meter, Terbesar dalam 2 Dekade

Dalam acara kunjungan reses itu juga hadir Hj ArniTyas Palupi ST dari Fraksi Golkar, Lurah Srigading Wahyu Widada. Gandung mengatakan, tersumbatnya muara Sungai Opak jangan sampai terulang kembali, karena dampak dari peristiwa itu sangat merugikan petani yang tidak lain masyarakat kelas bawah.

"Peristiwa itu harus secepatnya mendapat penanganan. Tetapi memang harus membawa orang-orang yang ahli dibidangnya, karena pernah waktu Pantai Samas sudah saya perjuangkan dan dana sudah ada Rp 200 miliar, tetapi setelah saya bawa ahlinya dan melihat kondisi lapangan, tenyata tidak berani mengerjakan dan uang itu kembali pemerintah," ujar Gandung.

Sementara tokoh petani di Srigading Sanden Yuni Maryanto sangat berharap agar hadirnya Gandung Pardiman sebagai anggota DPR RI memberikan solusi persoalaan yang membelit petani sekarang ini. Yuni sangat berharap ada tindakan konkret dari pemerintah agar tersumbatnya muara sungai itu bisa diantisipasi.

“Kami petani dengan modal pinjaman Bank Pak Gandung, kalau lahan ini sampai terendam, terus bagaimana nasib kami,” ujar  Yuni. (Roy)

Kredit

Bagikan