Sebulan Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban Mulai Naik

user
ivan 27 Juli 2018, 15:16 WIB
untitled

SLEMAN, KRJOGJA.com - Harga hewan kurban di Pasar Hewan Ambarketawang Gamping sudah mulai naik sekitar Rp 1 juta hingga Rp 3 juta. Diperkirakan kenaikan harga akan terus terjadi sampai menjelang Idul Adha mendatang. Sementara saat ini masyarakat cenderung survei harga.

Salah seorang pedagang, Aditya mengaku jika dibandingkan dengan harga saat pasaran minggu kemarin, harga sapi sudah ada kenaikan. Untuk minggu kemarin harga masih Rp 18 juta, sekarang sudah Rp 20 juta.

Baca juga :

Global Qurban Ajak Masyarakat Berkurban untuk Bangsa dan Dunia

Disperikan Temanggung Periksa Hewan Kurban

"Harganya bagus sekarang dari pada pasaran kemarin. Kenaikan sekitar Rp 1 juta, bahkan ada yang Rp 3 juta tergantung berat sapi nya," ungkapnya.

Pembelian hewan kurban sekarang ini belum banyak. Masyarakat baru memesan dengan kisaran harga Rp 20 juta hingga Rp 25 juta perekor. Biasanya pembelian pada saat menjelang hari H penyembelihan hewan kurban. "Kalau sekarang membeli, waktunya masih lama. Pembeli biasanya memesan untuk dicarikan dulu," ujarnya.

Hal senada juga dikatakan pedagang sapi lainnya, Ngadimen. Untuk harga sapi memang ada kenaikan. Namun untuk penjualan sapi sampai sekarang masih sepi. "Sekarang saya baru terjual 1 ekor. Mudah-mudahan menjelang hari H, penjualan meningkat," harapnya.

Sedangkan Heru Atmojo mengaku, jual beli hewan kurban sekarang ini belum begitu terasa. Panitia penyembelihan hewan kurban saat ini kebanyakan melakukan survei harga untuk menentukan iuran peserta.

"Kalau dibanding tahun kemarin pasti naik. Sapi untuk disembelih saat Idul Adha nanti, paling tidak harganya Rp 20 juta hingga Rp 25 juta. Untuk sapi jantan dan betina juga selisih Rp 1 jutaan, lebih mahal jantan," ujar Heru. (Sni)

Kredit

Bagikan