Disperikan Temanggung Periksa Hewan Kurban

user
tomi 25 Juli 2018, 21:13 WIB
untitled

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com - Ratusan hewan kurban di Kabupaten Temanggung mendapat pemeriksaan dari tim kesehatan hewan kurban Dinas Perikanan dan Peternakan kabupaten setempat untuk memastikan hewan dalam kondisi sehat, memenuhi syarat sebagai korban dan layak dikonsumsi.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Temanggung Slamet Saryono mengatakan pemeriksaan sudah dilakukan jauh hari, yakni sekitar 3 bulan sebelum Idul Adha, dan akan diintensifkan menjelang Idul Adha. " Pemeriksaan awal dikonsentrasikan di peternakan warga. Petugas memeriksa satu persatu secara detail kondisi sapi untuk kurban tersebut," kata Slamet, Rabu (25/7).

Disampaikan, pemeriksaan awal adalah kepastian sudah keluar gigi dan dalam keadaan sempurna atau poel, yang menunjukkan sapi memenuhi syarat dijadikan kurban. Setelah itu, kondisi kesehatan dengan pemeriksaan mata, mulut dan sejumlah organ lainnya. Sapi tersebut akan diberi vitamin, sedangkan yang terdeteksi sakit diberi obat-obatan.

" Pemeriksaan ini gratis, ini program pemerintah. Fungsinya agar sapi saat dipotong untuk kurban di Idul Adha benar-benar sehat," katanya.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung drh Esti Dwi Utami mengatakan pemeriksaan untuk pencegahan dan penanggulangan penyakit seperti cacing, kuku dan mulut. (Osy)

Kredit

Bagikan