Jaring Ikan, Ngadnan Hilang Dihantam Ombak Pantai Selatan

user
agus 25 Juli 2018, 11:45 WIB
untitled

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Ngadnan (67), nelayan warga Desa Harjobinangun Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo hilang terhempas ombak pasang pantai selatan Desa Keburuhan Ngombol, Selasa (24/7) pukul 19.00. Pria tersebut diduga tenggelam setelah tubuhnya masuk muara Sungai Jali.

Petugas Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo Salman mengatakan, kecelakaan terjadi ketika korban bersama kerabatnya menangkap ikan dengan jaring di muara Sungai Jali. "Mulut muara tertutup pasir yang terdorong ombak besar pantai selatan, sehingga air sungai tidak mengalir ke laut. Merasa aman dari arus deras, korban berangkat menangkap ikan," ujarnya kepada KRJOGJA.com.

Namun korban dan saksi tidak menyangka ombak pasang datang begitu besar. Deburan ombak pecah hingga melompati tanggul penutup muara dan menerjang kedua korban.

Baca juga:

Gelombang Tinggi di Parangtiris Terjang Lapak Pedagang


Cuaca Beberapa Hari ke Depan Diprediksi Berbahaya, Ini Peringatan Menhub

Arus deras ombak menghempas tubuh Ngadnan masuk ke dalam sungai. "Saksi sempat memegang tangan korban, namun karena derasnya ombak, pegangan terlepas dan Ngadnan hanyut masuk sungai," ungkapnya.

Menurutnya, saksi melaporkan kejadian kepada warga dan penambak di sekitar sungai. Pencarian lebih masif pun dilakukan melibatkan kepolisian, TNI dan SAR Purworejo di sekitar lokasi kejadian.

Namun pencarian dihentikan dan akan dilanjutkan Rabu (25/7). "Ombak pasang cukup tinggi dan sering melampaui tanggul tutupan muara dan kondisi sangat gelap, sehingga membahayakan tim pencari," tuturnya. (Jas)

Kredit

Bagikan