Kader Posyandu Desa Kanigoro Dilatih Optimalisasi Pertumbuhan Balita

user
agus 14 Juli 2018, 10:33 WIB
untitled

WONOSARI, KRJogja.com - Mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, Universitas Respati Yogyakarta melaksanakan pelatihan kepada kader Posyandu di DesaKanigoro, Saptosari, Program pengabdian masyarakat ini dikemas dengan memanfaatkan pangan lokal berbasih ikan untuk meningkatkan ekonomi warga.

“Pelatihan pembuatan makanan berbasis ikan ini dimaksudkan sebagai alternatif konsumsi protein di masyarakat. Untuk perbaikan pola makanan balita, ” kata Ketua Pengabdian Masyarakat Universitas Respati Yogyakarta Rr Dewi Ngaisyah SKM MKM, Jumat  (13/07/2018).

Diungkapkan, upaya untuk mendorong peningkatan ekonomi yang berdampak pada optimalisasi pertumbuhan balita ini dimulai dengan pengembangan abon ikan dan nugget. Sehingga melalui pelatihan kader posyandu, maka akan berdampak positip terhadap pemberian perhatian, gizi, maupun makanan pada balita.

“Selain akan mampu mendorong peningkatan ekonomi, juga berdampak pada peningkatan gizi balita dan masyarakat secara umum,” imbuhnya.

Dalam pelatihan 20 kader posyandu, menghadirkan narasumber Pakar Bidang Kesehatan dan dosen Universitas Respati meliputi Agung Nugroho MPH tentang Membangun Motivasi Kader Posyandu, Ny Yunita Indah MPH tentang Monitoring Kejadian Stunting Balita dan Ny Siti Wahyuningsih MSc berkait Peningkatan Penyuluhan Pola Konsumsi Nugget dan Ikan. (Ded)

Kredit

Bagikan