Terlalu! Bayi Mungil Dibuang di Tepi Jalan

user
danar 09 Juli 2018, 15:21 WIB
untitled

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Bayi mungil berjenis kelamin laki-laki ditemukan tergeletak di dalam kardus di tepi Jalan Purworejo - Yogyakarta Dusun Karangjambu Desa Dadirejo Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo, Senin (9/7/2018) siang. Bayi dalam kondisi sehat meski badannya penuh dengan semut gatal ketika ditemukan.

Baca Juga: Hamil Diluar Nikah, Dua Wanita Ini Tega Buang Bayi

Bayi yang diduga dibuang orang tuanya itu ditemukan pasangan Muslih (53) dan Sulikah (35), warga Karangjambu. "Kardus berisi bayi ditemukan di warung kosong di dekat gang masuk Dusun Karangjambu," kata Sulikah, kepada KRJOGJA.com.

Penemuan bayi bermula ketika Sulikah meminta anaknya pergi membeli dedak di toko. Ketika melewati warung kosong, anak tersebut mendengar tangis bayi. Ia kemudian kembali dan memberitahu ayahnya.

Baca Juga: Warga Geger, Mayat Bayi Ditemukan Hancur di Sungai

Muslih bersama Sulikah kembali ke warung dan menemukan kardus mi instan berisi bayi. "Bayi tanpa pakaian dan diselimuti kain jarit. Dalam kardus juga ditemukan kendi tanah liat berisi ari-ari atau ketuban," tuturnya.

Bayi dibawa pulang, dimandikan dan diberi pakaian oleh Sulikah. Muslih kemudian menghubungi Polsek Bagelen dan mereka bersama membawa bayi ke Puskesmas Dadirejo. Kondisi bayi stabil setelah disusui dan diberi perawatan. "Kasihan bayi itu, kalau tidak ada yang mau mengaku, saya mau merawat," ucapnya.

Kapolsek Bagelen AKP Sarjana mengemukakan, berdasar informasi tim medis, bayi diduga berumur antara tiga hingga enam hari. Tali pusar bayi dalam kondisi sudah terpotong rapi dan ketuban juga hampir kering.

Polisi masih menyelidiki pelaku pembuangan bayi itu. "Kami kumpulkan bukti dan keterangan saksi, pembuangan bayi termasuk pidana penelantaran anak dan ada jerat hukumanya," tandasnya.(Jas)

Kredit

Bagikan