Desa Barepan Maju Lomba Siskamling Tingkat Polres

user
agus 22 Juni 2018, 13:23 WIB
untitled

KLATEN, KRjogja.com - Kelompok siskamling gabungan tiga dukuh, yakni Dukuh Kangukan, Pringtutul dan Kedungsambi (KPK), Desa Barepan, Cawas, maju lomba siskamling tingkat Polres Klaten.  Kelompok Siskamling KPK mewakili wilayah Rayon Pedan.

Wahyu, warga Desa Barepan Jumat (22/6) mengemukakan, Kelompok ssiskamling KPK terdiri  10 orang anggota dan seorang ketua.

Kelompok tersebut melakukan peragaan, situasi warga setempat yang tengah siskamling. Pada malam itu terjadi  aksi pencurian sepeda motor milik warga setempat. Dengan sigap anggota siskamling menangkap pencuri, lalu diinterogasi. Mereka melapor pada Babinkamtibmas Desa Barepan untuk menyelesaikan permasalahan.

Selain menilai peragaan tersebut, tim penilai lomba dari Polres Klaten juga melakukan pengecekan sarana prasarana di Poskamling. Penilaian meliputi fisik bangunan poskamling, ketersediaan kelengkapan, administrasi seperti buku tamu dan buku mutasi, serta peralatan keamanan seperti kentongan, tongkat, lampu senter, dan lain sebagainya.

"Kami merasa senang, dan terimakasih kepada jajaran Polsek Cawas Dan Polres Klaten yang telah menunjuk kami menjadi salah satu peserta lomba Siskamling yang diadakan oleh Polres Klaten.  Semoga bisa menjadi motivasi bagi masyarakat di Dukuh KPK,  Desa Barepan untuk lebih semangat melaksanakan kegiatan siskamling," kata Nurhadi, juga warga setempat.

Kasat Binmas Polres Klaten, AKP H. Nurwadi,SH.MSi mengungkapkan, siskamling meruapakan media bagi masyarakat untuk berperan aktif mengamankan wilayahnya masing-masing. Dengan demikian, tercipta situasi yang kondusif, nyaman, aman, dan terkendali. Kapolsek Cawas, AKP Sri Anggono,SH.MH mengemukakan, Siskamling merupakan kegiatan yang sudah membudaya sejak zaman nenek moyang. Hal ini perlu tetap dipertahankan, karena selain untuk menjaga keamanan lingkungan, siskamling  juga merupakan kegiatan untuk mempererat silaturahim dan kebersamaan masyarakat. (Sit)

Kredit

Bagikan