Beras Melimpah, Mampu Penuhi Kebutuhan Masyarakat

user
tomi 12 Januari 2018, 10:52 WIB
untitled

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Stok beras di Sukoharjo masih melimpah dan aman memenuhi kebutuhan masyarakat. Diperkirakan pada Februari mendatang sebagian besar petani sudah panen.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Netty Harjianti, Jumat (12/01/2017) mengatakan belum ada laporan kekurangan beras di Sukoharjo. Hasil pemantauan diketahui stok beras di 12 kecamatan masih melimpah.

Netty menjelaskan petugas dari Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo memantau secara langsung stok beras disejumlah tempat. Sasarannya seperti di pasar tradisional, gudang penyimpanan, penggilingan padi dan lainnya.

"Hasil panen memiliki kualitas bagik dan melimpah. Tidak ditemukan adanya kerusakan yang menyebabkan gabah petani mengalami penurunan kualitas. Panen padi juga masih akan berlangsung sampai akhir Januari nanti. Bahkan pada Februari dan Maret petani akan melakukan panen raya padi," ungkapnya.

Netty bahkan mengakui beras hasil panen padi petani Sukoharjo sampai dikirim ke luar daerah untuk memenuhi kebutuhan. Hal itu terjadi karena program dari pemerintah pusat. “Kita tidak bisa menahan beras petani Sukoharjo harus disini. Pemerintah sendiri meminta ada distribusi ke luar daerah agar stok pangan aman,” lanjutnya.

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi sudah menerjunkan tim Satgas Pangan dan  menerjunkan anggota disejumlah satuan untuk ikut membantu. "Tidak hanya Satgas Pangan, dari satuan Intel, Reskrim dan Polsek juga memantau kondisi. Kami pantau baik stok, pergerakan harga dan distribusi. Sejauh ini masih aman belum ada pelanggaran,” ujar AKBP Iwan Saktiadi. (Mam)

Kredit

Bagikan