KPU Sukoharjo Terima Kiriman Surat Suara Pemilihan DPD

user
tomi 17 Maret 2019, 18:15 WIB
untitled

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo menerima kiriman surat suara Pemilu 2019 untuk pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Logistik tersebut melengkapi kiriman sebelumnya berupa surat suara Pemilu Presiden (Pilpres). Selanjutnya KPU Sukoharjo tingggal menunggu logistik lainnya surat suara untuk pemilihan DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda, Minggu (17/3) mengatakan, surat suara untuk pemilihan DPD diterima KPU Sukoharjo pada Sabtu (16/3) dinihari sekitar pukul 00.30 WIB. Total ada sebanyak 682.937 lembar surat suara DPD yang diterima.

Proses pengiriman surat suara DPD dilakukan dengan menggunakan truk dan pengamanan ketat petugas. Surat suara dikemas dalam boks rapat dan dijamin kerahasiaanya. Setelah diterima dan diturunkan di kantor KPU Sukoharjo selanjutnya petugas memindahkan ke lokasi penyimpanan di gedung Budisasono.

Data dari KPU Sukoharjo diketahui sebanyak 682.937 lembar surat suara DPD yang diterima dikemas dalam 1.365 boks. Masing maisng boks berisi 500 lembar plus satu boks berisi 437 lembar. Surat suara yang diterima tersebut nantinya akan disortir dan dipilah terlebih dahulu untuk mengetahui kelayakannya. Diharapkan surat suara yang diterima semuanya dalam kondisi baik dan siap digunakan saat pemilu. Namun bila ada temuan kerusakan atau ketidaklayakan maka akan dilaporkan ke KPU RI untuk meminta pengganti.

“Proses pengiriman logistik khususnya surat suara Pemilu 2019 dilakukan secara bertahap. KPU Sukoharjo sudah menerima surat suara untuk Pilpres dan DPD. Sedangkan pemilihan DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten masih menunggu kiriman,” ujarnya.

Dalam proses penerimaan kiriman logistik pemilu di kantor KPU Sukoharjo juga telah melibatkan Bawaslu dan aparat keamanan. Hal itu dilakukan sebagai bentuk pengawasan bersama.

“Surat suara untuk pemilihan DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten diharapkan segera diterima KPU Sukoharjo. Sebab setelah ini akan kami lakukan sortir dan pemilihan bersama,” lanjutnya. (Mam)

Kredit

Bagikan