Penanaman Ganja 1,5 Ha Terungkap

user
tomi 18 Februari 2019, 10:09 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Satresnarkoba Polresta Yogya Polda DIY berhasil mengungkap penanaman pohon ganja seluas 1,5 hektare di lahan Perhutani di Kecamatan Sukasari Kabupaten Purwakarta Jabar, Sabtu (16/2) oleh tersangka AS (42) warga Purwakarta.  Ada sekitar 1.300 batang pohon yang disita. Terungkapnya penanaman pohon ini berawal dari pengembangan kasus peredaran ganja di Yogya.

Kapolresta Yogya Kombes Pol Armaini SIK mengungkapkan, awalnya petugas menangkap seorang mahasiswa asal Karawang, AR (22). Petugas menemukan barang bukti 101 paket kecil siap edar seharga Rp 100 ribu per paketnya. ”Pengakuannya, barang tersebut didapat dari daerah asalnya. Kemudian petugas mengembangkan kasus tersebut ke Karawang,” jelasnya, Minggu (17/2).

Setelah dilakukan penyamaran, petugas berhasil menangkap seorang kurir ganja yaitu, YA (22), warga Karawang. Pada saat diinterogasi, tersangka YA mengaku barang tersebut didapat dari AS. ”Dari tangan tersangka AS, petugas mendapati barang bukti ratusan paket ganja. Hal yang mengejutkan, ternyata dia memiliki ladang ganja di Purwakarta,” terangnya.

Atas pengakuan itu, petugas Satresnarkoba Polresta Yogya berkoordinasi dengan Polres Purwakarta dan TNI meninjau lokasi ladang ganja ini. Ternyata tanaman ganja itu ditanam di ladang seluas 1,5 ha di pesisir Waduk Jatiluhur Purwakarta. Supaya samar, tersangka juga menanam pohon pepaya di ladang tersebut. ”Dibantu Polres Purwakarta, TNI dan warga, kami berhasil mengamankan barang bukti 1.300 batang yang ditanam dalam plastik polibag. Hari ini (kemarin), barang bukti kami angkut dengan 2 truk untuk dibawa ke Yogya,” paparnya.

AS mengaku sudah 4 tahun menanam ganja di Karawang dan mulai Desember 2018 menanam di Purwakarta. (Sni)

Kredit

Bagikan