Banyak Lansia Masih Kebingungan Cara Nyoblos

user
ivan 03 April 2019, 20:17 WIB
untitled

KENDAL, KRJOGJA.com - Banyaknya jumlah surat suara dalam pemilu mendatang bukan hal yang mudah bagi para lanjut usia atau lansia. Salah satunya adalah Sutini warga desa Pakis Kecamatan Limbangan saat akan mencoblos kelima surat suara yang diberikan petugas dalam simulasi nyata pemungutan suara yang dilaksanakan di lapangan desa, Rabu (03/04/2019).

Nenek berusia 85 tahun ini terlihat kebingungan. Ia bahkan harus dipandu petugas mulai dari pemenrimaan surat suara hingga pencoblosan dan memasukan surat suara ke dalam box suara.

"Saya bingung karena harus mencoblos lima surat suara. Semua saya coblos aja," ujar Sukini polos.

Tidak hanya Sutini, banyak warga lansia yang tampak kebingungan dan harus dibantu. Bahkan para remaja yang merupakan pemilih pemula.pun mengalami hal yang sama.

Ketua KPU Kendal, Hevy Indah Oktaria mengatakan pihaknya harus menggelar simulasi pemungutan suara agar bisa menilai kesiapan dalam menghadapi pesta demokrasi 17 April 2019 mendatang. Pelaksanaan simulasi dibuat seakan akan nyata dengan mengambil salah aatu TPS di desa terpencil dan penghitungan suara juga nyata hingga malam hari.

"Kami mengambil salah satu TPS di Desa Pakis Kecamatan Limbangan. Kami ikuti prosesi dari awal hingga peghitungan selesai, ini merupakan penilaian kesiapan semua pihak dalam pelaksanaan pemilu serentak yang baru tahun ini digelar," ujar Hevy.

Terkait banyaknya lansia yang kebingungan dalam mengikuti proses pencoblosan petugas sudah siap membimbing namun tidak mengarahkan masyarakat memilih yang mana. "Kaum lansia dan difabel kami bantu tanpa mempengaruhi pilihan, hanya menuntun dalam melangkan saja," lanjutnya.

Sementara itu Kepala Kesbangpol Marwoto yang mewakili Bupati akan menggelar rakor strategus sebelum Pemilu digelar. "Kami akan menggelar rapat koordinas antar KPU, Bawaslu, PPK, Panwas, Parpol dan semua yang terlibat dalam Pemilu Serentak agar bisa terselenggara dengan sukses," ujar Marwoto. (Ung)

Kredit

Bagikan