Merti Sumber 4 Blue Lagoon Bentuk Ungkapan Rasa Syukur

user
tomi 03 Mei 2019, 05:35 WIB
untitled

SLEMAN, KRRJOGJA.com - Warga Desa Widodomartani, Kecamatan Ngamplak gelar upacara merti sumber 4 Blue Lagoon sebagai bentuk rasa syukur kepada tuhan. Pasalnya sumber mata air Blue Lagoon telah memberikan manfaat bagi warga.

Dalam pegalaran merti sumber4 Blue Lagoon turut hadir Wakil Bupati Sleman Hj. Sri Muslimatun yang hadir pada kesempatan tersebut dan mengikuti prosesi upacara adat.

Sri Muslimatun menuturkan, upacara yang ia ikuti menjadi sarana dalam mempertahankan dan mengambangkan kebudayaan yang ada di Sleman. " upacara adat dapat menjadi daya tarik sehingga menarik wisatawan, karena menurutnya seni budaya merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan," kata Sri pada saat sambutan setelah upacara Rabu ( 01/05/19) kemarin.

Pada momen tersebut Sri Muslimatun berkesempatan menuangkan Air Tirta Budi pada kendi ke pemandian Blue Lagoon sebelum kendi di lemparkan. Termasuk oleh Suhadi Ketua Pengelola Desa Wisata Blue Lagoon, merti sumber adalah sebagai wujud syukur terhadap Tuhan.

Dia menjelaskan air Blue Lagoon telah memberikan manfaat bagi warga serta memenuhi kebutuhan air bersih. Perihal ekonomi juga menjadi bentuk ungkapan syukur warga. Karena melalui sumber tersebut juga telah mendatangkan sejumlah wisatawan yang turut mendongkrak perekonomian. "Kami berharap sumber air yang ada di Blue Lagoon dapat selalu memberikan berkah kepada masyarakat yang ada sekitarnya," ucap Suhadi.

Informasi yang dihimpun, kendi Air Tirta Budi merupakan gabungan dari 11 sumber mata air yang berasal dari berbagai tempat, seperti sumur makam raja, dan para wali, air laut utara dan selatan.

"Maknanya adalah menimba sebuah ilmu. Kita harus mengambil ilmu-ilmu yang bermanfaat dari para wali dan para pemimpin kita yang adil,” tuturnya. ( Ive)

Kredit

Bagikan