Gandeng USAID, Unimus Latih Soft Skill Siap Kerja Mahasiswa

user
tomi 21 Agustus 2019, 05:35 WIB
untitled

SEMARANG,KRJOGJA.com- Universtas Muhammadiyah Semarang (Unimus) lewat Pusat Pengembangan karir atau Unimus Career Development Center (UCDC) bekerjasama dengan USAID RWAP menyelenggarakan “pelatihan soft skill siap kerja” bagi puluhan mahasiswa tingkat akhir Unimus di kampus terpadu Kedungmundu, Selasa (20/8/2019). Kegiatan dua hari (Selasa-Rabu) tersebut dibuka Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) Unimus Rosita Lihasari Ssos MSi.

Rosita Lihasari berharap mahasiswa bisa mengikuti full serta mengikuti dengan baik pelatihan soft skill yang penting sebagai bekal mencari pekerjaan saat lulus nantinya. Usai pelatihan diharapkan mahasiswa makin percaya diri dan memiliki soft skill meningkat sehingga semakin mempermudah dalam mencari pekerjaan.

Kepala UPT UCDC Unimus Sukojo SS menyatakan program pelatihan soft skill siap kerja, kerjasama UCDC Unimus-USAID RWAP ini dilaksanakan untuk 9 angkatan (batch) dengan total mahasiswa 450 orang sampai November 2019. Peserta angkatan pertama ini diikuti 45 orang dan tiap angkatan direncakan diikuti 45 mahasiswa. Sukojo berharap usai pelatihan, mahasiswa semakin memiliki soft skill untuk melamar pekerjaan. Juga termasuk bisa membuat Daftar Riwayat Hidup (CV) yang baik dan memiliki Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) dari USAID.

“Selain pelatihan soft skill siap kerja, mahasiswa Unimus juga menerima pelatihan “Life Skill Bidang Keuangan” (Financial Life Skill) yang juga bekerjasama dengan USAID sehingga saat lulus punya soft skill untuk memasuki dunia kerja serta softskill mampu melakukan perencanaan keuangan dengan baik. Sehingga setelah lulus dan bekerja, mahasiswa tidak terjerumus ke berbagai bentuk pinjaman atau hutang yang berujung membebani kinerja mereka” ujar Sukojo.

Lebih lanjut menurut Sukojo, setelah dibekali dua jenis pelatihan softskill, UCDC juga akan menggelar job fair bekerjasama dengan Paguyuban Human Resource Development (PHRD) Jateng dengan anggota berbagai pimpinan atau CEO perusahaan (negara, BUMN, swasta) yang ada di Jateng. Ini sebagai tindak lanjut MOU Unimus dengan PHRD Jateng beberapa waktu lalu. (Sgi)

Kredit

Bagikan