Dinas Pertanian Dan Pangan Cek Kesehatan Hewan Kurban

user
tomi 06 Agustus 2019, 14:07 WIB
untitled

KENDAL, KRJOGJA.com - Agar hewan baik sapi maupun kambing yang dibeli masyarakat dipastikan sehat dan layak untuk kurban, Dinas Pertanian dan pangan melakukan sidak cek kesahatan ke beberapa pedagang hewan kurban. Cek kesehatan ini sudah dilaukan sejak tiga pekan sebelum hari raya Idul Adha. Selain menginspeksi Dinas Pertanian dan Pangan Kendal juga memberikan vaksin dan obat kepada hewan kurban yang sakit agar pada saat hari raya Idul Adha sudah kembali sehat.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal Selasa (6/8), Tjipto Wahjono mengatakan dalam sidak selain mengecek kesehatan hewan kurban, namun juga untuk mengecek persyaratan hewan yang dikurbankan yakni diantaranya sudah berumur cukup yakni satu minimal satu tahun untuk kambing dan dua tahun untuk sapi, kondisi hewan sehat dan tidak cacat, serta dianjurkan untuk menyembelih hewan berjenis kelamin jantan.

" Kami menemukan ada dua ekor kambing yang mengalami sakit mata dan beberapa kambing yang sakit diare mungkin akibat dari proses perjalanan perpindahan, sudah kami beri obat dan bisa sembuh sebelum lebaran kurban," ujar Tjipto.

Tjipto menambahkan bahwa peternak maupun pedagang yang hewanya sudah diperiksa dan kondidinya sehat dan layak untuk kurban dan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan maka akan diberikan surat keterangan.

"Pembeli yang hendak membeli bisa menanyakan apakah sudah periksai oleh dinas apa belum kepada penjual. Nantinya yang sudah dapat menunjukkan surat keterangan layak kurban," lanjutnya. (Ung)

Kredit

Bagikan