Hewan Kurban Luar Sleman Harus Kantongi Surat Sehat

user
agus 03 Agustus 2019, 12:24 WIB
untitled

SLEMAN, KRJOGJA.com - Ketersediaan hewan ternak di Kabupaten Sleman melimpah jelang hari Idul Adha 2019. Meski demikian, masih ada hewan kurban yang didatangkan dari luar daerah.

"Ketersediaan hewan ternak untuk kurban tahun ini cukup banyak," kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (P3) Sleman, Harjanto, Sabtu (03/08/2019).

Dari catatan Dinas P3 Sleman, ketersediaan ternak sapi sebanyak 38.485 ekor, kambing 24.941 ekor dan domba 34.901 ekor. Jumlah tersebut di antaranya berasal dari 549 kandang kelompok ternak binaan.

Sedangkan kebutuhan hewan kurban tahun ini, diperkirakan sapi sekitar 7.400 ekor, kambing 2.300 ekor dan domba 10.200 ekor.

"Kita amati, biasanya takmir atau orang yang berkurban tetap ada yang mendatangkan dari luar daerah, ada yang lokal, atau pedagang sediakan sapi dari berbagai daerah," ucapnya.

Dinas P3 mengimbau agar hewan kurban yang didatangkan dari luar daerah mengantongi surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) dari daerah asal. Hal itu untuk mengantisipasi jika hewan kurban mengidap penyakit.

Sejumlah pasar hewan pun telah dipetakan untuk mempermudah pengawasan. Seperti di tepi Jalan Kabupaten, Jalan Kaliurang, Jalan Godean, Jalan Wates, Jalan Magelang, Jalan Solo, dan Jalan Maguwoharjo.

"Ternak yang dijual di pasar hewan biasanya dari Sleman, Muntilan, Magelang, Gunungkidul, Temanggung, Wonosobo, Klaten, Kulon Progo," pungkasnya. (*)

Kredit

Bagikan