Arus Lalu Lintas Pesawat di Bandara Internasional Adisutjipto Turun Hingga 20 Persen

user
danar 07 Juni 2019, 21:51 WIB
untitled

SLEMAN, KRJOGJA.com - General Manager PT AirNav Indonesia Cabang Yogyakarta, Nono Sunaryadi mengatakan arus lalu lintas (traffic) pesawat di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta turun hingga 20 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

"Lalu lintas pesawat di Lebaran ini turun sekitar 10-20 persen," kata Nono saat ditemui wartawan di kantor AirNev Yogyakarta, Jum'at (07/06/2019).

Sepinya penumpang pesawat, membuat pihak maskapai membatalkan jadwal penerbangan. Menurutnya, Keterangan dari para maskapai karena jumlah penumpang tidak sebanding dengan biaya operasional jika tetap diterbangkan.

"Jadi banyak pesawat yang cancel. Kalau periode Januari-Mei lalu lintas turun sekitar 20-25 persen," terangnya.

Sebelumnya, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama mengatakan jumlah pemudik yang menggunakan jasa transportasi udara di Bandara Adisutjipto diprediksi turun hingga 19,7 persen dibandingkan tahun lalu.

"Lebaran tahun ini diprediksi jumlah penumpang yang menggunakan angkutan udara 22.987 penumpang per harinya pada arus mudik. Mengalami penurunan 19,7 persen dibandingkan dengan tahun 2018 yang tercatat pada 28 ribu penumpang," katanya.

Sementara itu, untuk arus balik, puncaknya diprediksi terjadi pada H+5 Lebaran, dengan jumlah 23.336 penumpang. Pada periode yang sama tahun 2018, jumlah penumpang arus balik pada angka 29 ribu orang.

Meski demikian, Bandara Adisutjipto tetap melayani extra flight atau penerbangan tambahan sebanyak 27 rute penerbangan untuk arus mudik dan arus balik. (Ive)

Kredit

Bagikan