Unissula Adakan Seminar Literasi

user
tomi 08 Januari 2019, 15:06 WIB
untitled

SEMARANG,KRJOGJA.com- Forum Silaturahmi An-Nissa (FSA) Lembaga Dakwah Universitas Sultan Agung Semarang (Unissula) Semaranag mennggelar Seminar Nasional 'Menggenggam Dunia Dengan Literasi' dengan pembicara Afifah Afra dan Ahmad Mujib El Shirazy MA.

Menurut Afifah, Indonesia saat ini sedang mengalami krisis literasi, bahkan tidak masuk peringkat 10 besar dalam hal literasi dan melek aksara.

“Indonesia telah kehilangan satu puzzle periode yang tergulung, dan puzzle ini bagian terpenting suatu peradaban, yakni puzzle periode literasi yang seharusnya telah matang oleh penduduk Indonesia sebelum terjejali oleh politik etis dan perkembangan periode audio visual dan internet seperti saat ini” ungkap Afifah.

Sementara itu Ahmad Mujib kepada pers di kampus Unissula Selasa (8/1/2019) mengatakan tradisi peradaban Islam dapat ditemukan bahwa tradisi membaca dan menulis begitu melimpah dan semua orang di masa dulu digerakkan untuk memahami dan tergerak untuk mencatat hadist Rasulullah.

“Hanya Rasulullah yang kata-katanya terekam dengan baik dan dicatat melalui tulisan. Begitu penting dan berpengaruhnya membaca dan menulis terhadap kehidupan seorang muslim. Ilmu yang ditulis akan terus mengalir dan tetap melimpah sampai sekarang dan bahkan mungkin sampai ke masa mendatang” pungkas Mujib. (Sgi)

Kredit

Bagikan