15 Perda Disahkan Selama 2018

user
tomi 08 Januari 2019, 12:44 WIB
untitled

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Sebanyak 15 dari total 17 usulan rancangan peraturan daerah (raperda) berhasil diselesaikan pembahasannya dan disahkan menjadi peraturan daerah (perda) selama tahun 2018. Dua raperda tersisa akan diselesaikan pada tahun 2019.

Ketua Badan Pembuat Peraturan Daerah DPRD Sukoharjo Rebi Suparjo, Selasa (8/1) mengatakan, sejak awal 2018 lalu sudah ada usulan dari DPRD dan Pemkab Sukoharjo untuk membahas sebanyak 17 raperda. Pembahasan dilaksanakan dalam triwulan atau setiap tiga bulan sekali. Artinya dalam satu tahun ada empat kali pembahasan bersama antara eksekutif dan legislatif.

Hasil pembahasan diketahui ada sebanyak 15 dari total 17 raperda diselesaikan dan disahkan menjadi perda. Pada triwulan pertama belum dilakukan pembahasan. Namun di triwulan kedua DPRD dan Pemkab Sukoharjo berhasil melakukan pembahasan dan mengesahkan 10 raperda menjadi perda. Sedangkan triwulan ketiga ada empat raperda menjadi perda dan triwulan keempat hanya ada satu raperda disahkan menjadi perda.

"Triwulan kedua menjadi paling banyak bagi DPRD dan Pemkab Sukoharjo melakukan pembahasan dan pengesahan raperda menjadi perda. Meski sudah banyak namun tetap saja masih ada dua raperda belum diselesaikan karena terkendala. Penyebabnya karena belum ada regulasi ditingkat pusat."

Dua raperda yang belum selesai pembahasan dan pengesahannya yakni Raperda tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Raperda tentang Pengelolaan dan Pengendalian Limbah. Kedua raperda sudah diusulkan untuk dilakukan pembahasan kembali pada tahun 2019.

Usulan agar segera dibahas sudah termuat dalam program legislasi daerah (prolegda) tahun 2019. Diharapkan kedua raperda bisa segera diselesaikan pembahasannya dan disahkan menjadi perda.

“Raperda yang sudah selesai dibahas dan disahkan menjadi perda pada tahun 2018 ada sebanyak 15 buah dan pembahasan dilakukan sejak awal karena termasuk raperda penting bagi Sukoharjo,” ujarnya. (Mam)

Kredit

Bagikan