'Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia' Harus Diperjuangkan dengan Sunguh-sungguh

user
danar 02 Juni 2018, 00:11 WIB
untitled

SLEMAN, KRJOGJA.com - Para tokoh bangsa memberikan orasi kebangsaan memperingati Hari Lahir Pancasila di lapangan Graha Sabha Pramana, Kampus UGM, Yogyakarta (1/6/2018) sore. Prof Dr Ahmad Syafii Maarif dalam orasinya menegaskan, bahwa sila Kelima Pancasila 'Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia' perlu diperjuangkan dengan sungguh-sungguh.

Pernyataan mantan Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini berkaitan dengan UUD 1945 Pasal 33. Menurutnya seluruh kekayaan alam yang di maksud dalam ayat tiga pasal tersebut belum tercapai untuk kemakmuran rakyat.

"Salah satu bunyinya adalah Bumi dan air dan seluruh kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, itu belum tercapai. Ini adalah perjuangan sungguh-sungguh yang tidak boleh dilupakan" kata Buya Syafii.

Sementara itu, Sri Sultan Hamengkubuwono X mengatakan Pancasila menjadi rumah kita bersama. Tetapi bumi nusantara sampai sekarang masih terus diusik oleh mereka yang mendua hati dan disulut dengan ancaman radikalisasi serta intoleransi.

Guna menguatkan sejarah perjuangan, beliau menyampaikan agar nilai Pancasila digunakan sebagai suara untuk menyatukan negeri. "Pancasila janganlah kau puja layaknya aji makramat tapi jadikanlah ia hikmat yang bermanfaat. Tapi gunakanlah momen gumregahnya aksi. Pancasila janganlah kau teriakkan dengan bahasa basa basi. Tapi gemakan suara tak gentar revolusi satukan negeri," kata Sultan Guna diakhir orasi.

Pada kesempatan itu juga grup musik Slank tampil sebagai bintang tamu yang bertajuk Konser Indonesia Damai Pancasila Rumah Kita. Kaka sang vokalis mengajak para penggemar untuk berdamai dan menghargai nilai Pancasila. (Gumido)

Kredit

Bagikan