Jangan Hanya Slogan, Warga Harus Amalkan Pancasila

user
danar 01 Juni 2018, 23:30 WIB
untitled

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Seluruh warga di Kabupaten Kulonprogo untuk  menghayati dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Saling menjaga bahwa kita itu satu bangsa.

"Meski mungkin ada perbedaan, tetapi sepanjang kita dirasuki oleh jiwa Pancasila, Insya Allah tidak masalah. Dari lima sila dalam Pancasila kita hayati dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari, dalam praktek bermasyarakat, berbangsa dan bernegara kita gunakan Pancasila itu," tandas Wakil Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo mengajak seusai upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018, di halaman pemkab, Jumat (01/06/2018). Upacara diikuti Forkopimda, Kepala OPD, dan TNI, Polri, PNS, ormas, mahasiswa dan pelajar, Wabup Sutedjo membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo.

Wabup menilai sambutan Presiden mengingatkan bahwa Pancasila itu telah selamatkan dari sisi filosofi kita  sebagai sebuah bangsa. "Menyelamatkan kemajemukan dalam persatuan dan kesatuan. Sepanjang kita meyakini bahwa Pancasila mempersatukan, maka insya Alloh Indonesia akan tetap bersatu, negara kesatuan ini tetap terjaga," ujarnya.

Dikatakan Presiden, Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia. Selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia. (Wid)

Kredit

Bagikan