Persaingan Profesi Dokter Makin Ketat, Unissula Sumpah 34 Dokter Baru

user
tomi 06 Januari 2020, 14:50 WIB
untitled

SEMARANG,KRJOGJA.com- Ketua Senat Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung (FK Unissula) dr Sofwan Dachlan SpF(K)  dan Dekan FK Dr dr Setyo Trisnadi SH SpKF mengambil sumpah 34 dokter baru lulusan program profesi FK Unissula di kampu setempat Sabtu (4/1/2020). 

Sumpah dokter dihadiri sejumlah pejabat di antaranya Wakil Rektor I Unissula Drs Bejo Santoso MT PhD dan perwakilan Dinkes Jateng serta LLDikti Wilayah VI Jateng.

Pada sumpah dokter ke 113periode I tahun 2020 ini Dekan menyatakan usai disumpah, para dokter baru selanjutnya menjalankan program internship selama setahun di Puskesmas dan Rumahsakit di berbagai tempat di Indonesia. Dokter baru hendaknya selalu up date ilmu dan bekerja secara profesional serta bisa memberi layanan kesehatan yang terbaik bagi para pasiennya.

Pada kesempatan tersebut Dekan FK Unissula Dr dr Setyo Trisnadi SH SpKF menyampaikan semakin ketatnya persaingan para lulusan dokter. Mengingat setiap tahunnya sedikitnya 10.000 dokter baru lulus dari 92 FK yang ada di Indonesia (80 FK sudah meluluskan dan sisanya belum meluluskan karena relatif masih baru). Namun Dr dr Trisnadi juga menyampaikan kondisi riil kalau persaingan masuk menjadi mahasiswa FK juga sangat ketat.

“Namun masyarakat sudah pahamFK yang baik salah satu indikator penting terakreditasi A dan tiap angkatan bisa meluluskan minimal 80 persen. Contoh di kami, tahun akademik 2020/2021 kuliah mulai pertengah tahun 2020, dari 600 pendaftar jalur siswa berprestasi (PSB) gelombang I akan diterima hanya 22 mahasiswa. Untuk gelombang II pendaftar sudah 300 dan akan diterima hanya 8 orang saja. Kuota kami 200 orang, PSB 30 dan 170 sisanya untuk jalur umum yang persaingannya sangat ketat, tidak sebanding dengan jumlah oendaftar" tandas Dr dr Setyo Trisnadi SH SpKF. tandas Dr dr Setyo Trisnadi SH SpKF. (Sgi)

Kredit

Bagikan