Upsus Pajale di Cilacap Mencapai Target

user
ivan 01 Mei 2018, 11:06 WIB
untitled

CILACAP, KRJOGJA.com - Ketua Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertania (STPP) Magelang, Ali Rachman MSi sebagai penanggungjawab Luas Tambah Tanam (LTT) upaya khusus (Upsus) padi jagung kedele (pajale) terlibat aktif dalam setiap koordinasi strategi pencapaian target. Hal itu diantaranya yang telah dilakukannya di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah, ia bersyukur upsus pajale di kabupaetn ini mencapai target.

Hal ini dikatakan Ali pada rapat koordinasi, sekaligus pemberian penghargaan kepada SDM berprestasi di desa Sikampuh Kecamatan Kroya belum lama ini. Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman STP MSi menyampaikan, para petani di Cilacap harus memiliki jiwa wirausaha dengan melakukan banyak inovasi di bidang pertanian.

"Selain bertani, juga harus memiliki kepekaan dalam memanfaatkan lahan yang dimiliki untuk membuka usaha lain. Seperti perikanan dan peternakan," kata Syamsul Auliya Rachman.

Petani berjiwa wirusaha tentunya akan lebih berdaya dan bermanfaat baik bagi keluarga, masyarakat bahkan bangsa dalam mendukung swasembada pangan. Kepemilikan lahan pertanian maupun lahan pekarangan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, misalnya budidaya ikan di lahan sawah mina padi, penanaman cabe di pekarangan, pengembangan budidaya unggas.

Menjadi petani menurutnya harus bisa menyesuaikan dengan alam. Dengan inovasi-inovasi tersebut diharapkan nantinya dapat meningkatkan pendapatan petani.

Lebih lanjut wabup menyatakan peran peran penyuluh sangatlah strategis dalam membantu para petani. Kabupaten Cilacap yang memiliki SDM PPL berusia muda diharapkan mampu menjadi motor penggerak bersama dengan TNI dalam pembangunan pertanian.

Sementara itu LTT Upsus Pajale periode Oktober - Maret 2017/2018 dinilai mencapai target, sehingga layak disyukuri. Hal ini diungkapkan dengan pemberian bantuan alat mesin pertanian kepada petani dan penghargaan kepada penyuluh serta Babinsa berpretasi.

Leader Officer (LO) Upsus Pajale Kabupaten Cilacap, Budi Wijayanto STP MSc mengatakan, pernyataan Wabup sejalan dan mendukung pencapaian visi Kementerian Pertanian yaitu terwujudnya kemandirian pangan dan kesejahteraan petani. Langkah yang ditempuh dengan program kegiatan upsus LTT Pajale yakni pengembagan wirausaha muda pertanian, pemanfaatan alsintan, pemanfaatan pekarangan sebagai kawasan rumah pangan lestari dan ‘Bekerja’ (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) sebagai solusi pengentasan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan petani atau peternak.

Keberhasilan Kabupaten Cilacap dalam pencapaian target LTT upsus pajale merupakan hasil kerja keras berbagai pihak antara lain Dinas Pertanian, TNI, Polri, perguruan tinggi dan utamanya para petani. Untuk selanjutnya, siap dalam pencapaian target periode April - September  - Oktober 2018 mendatang. (*)

Kredit

Bagikan