Kartinian, Ketua PKK Bantul Borong Makanan Tradisional

user
agus 22 April 2018, 02:17 WIB
untitled

BANTUL (KRJogja.com) - Sejumlah kegiatan diselenggarakan bertepatan dengan momentum Hari Kartini tahun 2018. Hampir semua program coba diangkat untuk memunculkan kembali semangat RA Kartini. Tidak hanya itu, kemasan acara dengan kemasan kearifan lokal juga ditampilkan.

Seperti dilakukan di lingkungan SD Unggulan Aisyiyah Bantul yang menggelar lomba 'njanur' dalam peringatan Hari Kartini tahun 2018. "Semangat RA Kartini saya yakin mampu menjadi inspirasi generasi mudah sekarang untuk lebih semangat menuntut ilmu bagi pelajar," ujar Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul, Erna Kusmawati Suharsono usai menghadiri apel dalam rangka peringatan Hari Kartini di SDU Aisyiyah Bantul, Sabtu (21/4).

Dalam acara itu juga dihadiri Kepala SD Unggulan Aisyiyah Bantul, Suwardi SPd SI, Ketua PDM Bantul Drs H Sahari MPd, Pengawas SD Kecamatan Bantul, Tutik Saptiningsih.

Erna mengatakan, perjuangan RA Kartini untuk melepaskan belenggu perempuan waktu itu sudah bisa dirasakan hasilnya sekarang ini. Sudah banyak perempuan duduk dipososi strategis di negeri ini. Oleh karena itu nilai -nilai perjuangan RA Kartini harus diketahui oleh generasi muda bangsa Indonesia. Jangan sampai momentum peringatan Hari Kartini setiap tahun sekadar seremonial belaka. Karena peringatan tersebut tidak sebatas berpakaian adat. Tetapi bagaimana nilai nilai perjuangan RA Kartini bisa ditransformasikan dalam kehidupan generasi muda sekarang ini. Dalam kesempatan itu Erna juga memborong sejumlah makanan tradisional karya siswa.

Kepala SDU Aisyiyah Bantul, Suwardi didampingi Ketua Panitia Semarak Kartini, Susanti SPd mengatakan, dalam semarak Kartini di SDU dikemas open house dan gelar budaya/kreasi siswa sementara dalam lomba 'njanur' itu sebagai upaya untuk mengenalkan kerajinan berbahan janur kepada anak. (Roy)

Kredit

Bagikan