Liburan di Tegal, 'Aja Klalen ke Guci Bae!'

user
tomi 25 Juni 2016, 08:21 WIB
untitled

TEGAL (KRjogja.com) – Kota Tegal dan Kabupaten Tegal selalu menjadi objek foto yang menghiasi media hampir setiap tahun. Maklum Tegal-Brebes itu perbatasan Jawa Barat dengan Jawa Tengah.

"Tegal-Brebes juga pertengahan menjelang Kota Semarang, dari ibukota Jakarta. “Kalau tujuan akhirnya ke Tegal. Ada minimal sepuluh destinasi wisata alam favourit yang perlu ditengok di sana,” ungkap Menpar Arief Yahya, di Jakarta.

Menpar mengakui pemandian Air Panas Guci adalah destinasi wisata paling populer di kabupaten Tegal. Letaknya berada di kaki Gunung Slamet yang menyediakan udara sejuk pegunungan serta air hangat alami dari perut bumi. "Sumber air panas yang berasal dari gunung api ini dipercaya memiliki banyak khasiat untuk menyehatkan badan. Oleh sebab itu kawasan wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam kota maupun daerah sekitar Tegal," ungkap Menpar.

Selain Guci, Menpar menjelaskan ada beberapa lokasi wisata yang layak dikunjungi diantaranya Curug Luhur yang memiliki kolam yang landai sehingga membuat semua pengunjung yang datang bisa menikmati sensasi bermain air di bawag gerojokan air terjun. "Air terjun yang memiliki ketinggian 25 meter ini juga menawarkan pesona alam yang luar biasa indahya. Pepohonan hijau dan tebing bebatuan yang berada di sekitarnya, seolah menjadi tempat yang pas bagi anda memulai petualangan di Tegal."


Ada juga Goa Lawet dan goa yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu ini, dipercaya sebagai tempat pertama sejumah penguasa atau raja-raja yang ada di kerajaan Mataram. Ditambah, Pantai Alam Indah yang berada di lokasi yang strategis, dekat dengan pusat Kota Tegal serta tidak jauh dari jalur Pantura sehingga kendaraan apapun bisa mengakses pantai ini hingga ke tepi.  "Tegal juga ada Batu Ancik atau Bukit Batu Pengancikan Pagerwangi merupakan bukit berbatu yang penuh dengan ilalang serta menawarkan pemandangan cantik dari area persawahan dan Gunung Slamet. Selain itu, Wisata Air Gerbang Mas Bahari dan Rita Park."

Kalau soal kuliner, Brebes yang satu garis dan berbatasan sangat nempel dengan Kota Tegal itu terkenal dengan telur asinnya. Di pinggir jalan Pantura itu sudah ada banyak penjaja telur asin. Sedang memasuki Kota Tegal, yang tersohor kulinernya adalah sate kambing. “Ya, sate kambing Tegal, sangat dikenal luas oleh public. Silakan coba, mumpung berada di Tegal,” Mantan Dirut PT Telkom ini.

Lagi-lagi Menpar Arief berpesan, jangan lupa share foto-foto keindahan alam dan karya budaya, seperti kesenian dan kuliner itu ke media social. Bisa Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, Google+ dan lain-lain. "Suasana bahagia, foto-foto suka cita, keindahan alam yang tertata, semua itu menginspirasi orang lain untuk mencontoh yang baik,” katanya. (*)

Kredit

Bagikan