Jalan Abu Bakar Ali Dipasangi Pagar Pembatas

user
ivan 23 Juni 2016, 23:45 WIB
untitled

YOGYA (KRjogja.com) - Mempersiapkan antisipasi kemacetan lalu-lintas di pusat kota Yogyakarta yang diprediksi mulai terjadi jelang Lebaran, Kepolisian Lalu-Lintas bersama Dinas Perhubungan DIY mulai memasang pagar pembatas di Jalan Abu Bakar Ali, Kamis (23/06/2016) petang. Pagar berwarna orange yang beberapa waktu lalu dipasang di trotoar Malioboro menjadi pilihan untuk menertibkan kawasan tersebut.

Mulai dari sisi selatan Gereja Kotabaru hingga persimpangan Jalan Ibu Ruswo pagar pembatas tersebut terlihat berjejer rapi tanpa terputus. Pasalnya, kawasan jalan dua arah ini sering digunakan untuk memutar balik kendaraan meskipun telah terpasang larangan untuk memutar balik.

Dirlantas Polda DIY, Kombes Polisi HM Ritonga kepada wartawan mengatakan arus lalu-lintas di kawasan pusat kota Yogyakarta ini nantinya akan diberlakukan rekayasa saat terjadi kepadatan. Menurut dia, Jalan Abu Bakar Ali akan menjadi sirkulasi kendaraan berputar yang akan menuju kawasan Malioboro.

"Kita akan putarkan dulu melalui Abu Bakar Ali menuju Kridosono. Nanti setelah berputar baru masuk kembali ke Malioboro karena tahun-tahun lalu terjadi kepadatan di sana," ungkap Ritonga saat bincang wartawan di DPRD DIY.

Kepala Dinas Perhubungan DIY, Sigit Haryanta menambahkan kawasan Malioboro masih akan menjadi destinasi utama di Kota Yogyakarta selama libur Lebaran. Itulah alasan dilakukannya rekayasa lalu-lintas di kawasan seputaran Malioboro.

"Jalan Abu Bakar Ali memang cukup penting mengurai kepadatan lalu-lintas karena dipastikan jumlah mobil bertambah banyak yang akan masuk. Kalau padat nantinya petugas kepolisian dan dishub akan melakukan rekayasa," ungkapnya. (Fxh)

Kredit

Bagikan