Hotel Ring I Mulai Kebanjiran Tamu

user
ivan 18 Juni 2016, 18:18 WIB
untitled

YOGYA (KRjogja.com) - Minggu kedua bulan Ramadhan ternyata bukan menjadi penghalang wisatawan untuk datang dan melancong ke Yogyakarta. Buktinya, tingkat hunian hotel terutama yang berada di pusat kota sudah mencapai angka 80 persen.

Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Istijab Danunegoro mengatakan, tingkat hunian di hotel kawasan pusat Kota Yogyakarta mengalami kenaikan 20 persen dibandingkan awal bulan Ramadhan lalu. Menurutnya hal tersebut disebabkan adanya trend wisatawan yang meningkat dibandingkan dengan tahun 2015 lalu.

"Satu hal, kamar semakin banyak tahun ini karena hotelnya juga bertambah dan tentu saja jumlah wisatawan yang juga mengalami kenaikan. Sekarang okupansinya sudah mencapai 80 persen untuk hotel di ring 1 dan prediksi kami samakin meningkat saat liburan dimulai pada awal Juli 2016 nanti," jelasnya kepada KRjogja.com, Sabtu (18/06/2016).

Istijab juga menyampaikan hotel-hotel yang berada di ring dua dan tiga akan mulai menerima luapan wisatawan pada H-3 Lebaran nanti. Untuk mendukung kesiapan daya tampung wisatawan, 20 desa wisata juga telah menyampaikan kesediannya dalam program satu hotel satu desa selama periode libur Lebaran kali ini.

"Diperkirakan akan sampai di ring tiga nantinya, yakni di luar kota Yogyakarta puncaknya H-3 hingga H-2. Daya tampung juga akan ditambah karena 20 desa wisata sudah siap," imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwsata DIY Aris Riyanta mengatakan kunjungan wisatawan pada libur Lebaran ini diprediksi mencapai angka 2,63 juta orang. Angka tersebut mengalami kenaikan dibandingkan 2015 lalu yang berjumlah 2,54 juta. (Fxh)

Kredit

Bagikan