Kedundang Siap Terima Warga Terdampak NYIA

user
ivan 07 April 2018, 14:29 WIB
untitled

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Pemerintahan Desa (Pemdes) Kedundang siap menerima puluhan warga terdampak New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang akan menempati rumah khusus relokasi magersari di Pedukuhan Penceng dan Pandowan, Desa Kedundang. Kepala Desa (Kades) Kedundang, Abdul Rosyid mengungkapkan warga terdampak NYIA yang akan menempati rumah khusus relokasi magersari diharapkan bisa beradaptasi dan menaati aturan warga setempat.

Warga yang menempati rumah khusus relokasi, ujarnya, sekaligus mengurus kepindahan penduduk dari daerah asal menjadi warga Desa Kedundang. ”Karena jumlahnya banyak, proses pemindahan penduduk sebaiknya dikoordinasikan secara massal,” ujar Abdul Rosyid.

Menurutnya, belum diketahui persis jumlah warga terdampak NYIA yang akan menempati rumah khusus relokasi magersari di Desa Kedundang. Rencana penempatan warga terdampak, 7 Mei 2018 sehari sebelum pelaksanaan pemilihan Dukuh Penceng.

Wilayah Dukuh Penceng merupakan salah satu lokasi rumah khusus relokasi magersari yang akan ditempati warga terdampak bandara. Di lokasi tersebut terdapat bangunan rumah khusus sekitar 43 unit dan tujuh unit rumah lainnya di wilayah Pedukuhan Pandowan.

”Kalau rencana penempatan jadi 7 Mei 2018, warga yang menempati rumah khusus tidak bisa mengikuti pemilihan dukuh. Mereka belum masuk penduduk warga Pedukuhan Penceng,” ucapnya.

Adanya rencana penambahan warga baru, jelasnya, Pemdes merencanakan melakukan penataan RT. Di Pedukuhan Penceng yang selama ini terdapat 6 RT, memenuhi persyaratan ditambah satu RT menjadi sebanyak 7 RT.

”Nantinya akan ada rencana penambahan satu RT di Pedukuhan Penceng. Jumlah warga yang menempati rumah relokasi, memenuhi syarat ada penambahan satu RT lagi,” jelasnya. (Ras)

Kredit

Bagikan