Lagi-lagi Binatang Liar Bikin Listrik Purworejo Padam

user
ivan 07 April 2018, 12:30 WIB
untitled

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Lagi-lagi jaringan PLN kembali mengalami gangguan Jumat (06/04/2018) tengah malam. Selama hampir satu jam, listrik di wilayah Kecamatan Banyuurip, Purworejo dan Loano padam.

Kali ini, gangguan kembali disebabkan hewan liar. Adalah Walang Kopo atau Tupai Terbang menyebabkan gangguan itu. Hidup binatang imut itu pun ikut terbang akibat sengatan listrik bertegangan tinggo.

Koodinator Yantek PLN Cabang Purworejo Agus Handayani mengatakan, hewan yang statusnya terancam punah itu diduga sedang melompat antarpohon. "Mungkin jaringan listrik dianggap dahan dan ranting, sehingga dihinggapi," ujarnya kepada KRJOGJA.com, Sabtu (07/04/2018).

Hubungan arus pendek memunculkan bunga api dan listrik padam. Petugas yang memantau lewat panel di PLN mendapati sumber gangguan berasal dari jaringan di wilayah Pangen Purworejo.

Petugas meluncur dan menyisir jaringan diduga sumber masalah. "Mereka menemukan ada binatang tersangkut di kabel jaringan, ternyata Walang Kopo.

Menurutnya, gangguan akibat faktor alam tersebut sulit dicegah. PLN baru bisa mengupayakan agar binatang seperti ular tidak naik ke atas jaringan dengan memasang ijuk.

Namun masyarakat, katanya, dapat membantu mengurangi risiko gangguan bersumber faktor alam. "Misalnya dengan melapor apabila ada dahan pohon yang tersangkut jaringan, biar nanti ditindaklanjuti petugas dengan perabasan," tandasnya. (Jas)

Kredit

Bagikan