50 Penyandang Disabilitas Dibuatkan Kaki Palsu

user
danar 05 April 2018, 17:51 WIB
untitled

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Sebanyak 50 penyandang disabilitas di Kabupaten Purworejo mendaftar sebagai penerima bantuan kaki dan tangan palsu. Aktivitas penyandang disabilitas itu terbatas karena hanya mengandalkan kursi roda atau kruk untuk alah bantu berjalan.

Bantuan kaki palsu merupakan kerjasama Polres Purworejo dengan Kick Andy Foundation. Puluhan penyandang disabilitas datang ke Mapolres Purworejo untuk didata dan diukur kakinya. "Kami ingin para penyandang disabilitas itu semakin mudah dalam menjalankan aktivitasnya," kata AKBP Teguh Tri Prasetya SIK, kepada KRJOGJA.com, Kamis (5/4/2018).

Menurutnya, selama ini para penyandang disabilitas mengandalkan kruk dan kursi roda. Bahkan ada sebagian yang tidak memiliki alat bantu berjalan itu karena tidak memiliki biaya.

Sementara Kick Andy Foundation, katanya, sudah lama bergerak membantu pengadaan kaki palsu untuk penyandang disabilitas di seluruh Indonesia. "Tujuan kita sama, akhirnya bisa dipertemukan dan bantuan bisa direalisasi," tuturnya.

Pewakilan Kick Andy Foundation Muhammad Bukhibin mengatakan, bantuan tidak bisa langsung diserahkan, namun harus menunggu waktu beberapa hari. Proses selanjutnya setelah pengukuran, katanya, adalah pembuatan kaki dan tangan palsu sesuai kebutuhan penerima.

Proses pembuatan cetakan kaki dan tangan palsu diperkirakan selesai dalam waktu seminggu. "Setelah jadi akan kami berikan gratis kepada para penerima," ucapnya.

Dikatakan, masih banyak penyandang disabilitas di Indonesia yang membutuhkan kaki dan tangan palsu. Penyandang dapat berjalan bebas tanpa bantuan tangan seperti menggunakan kruk dan kursi roda.(Jas)

Kredit

Bagikan