Prajurit Bersih-bersih Sungai Gajahwong

user
ivan 02 April 2018, 14:12 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Puluhan prajurit TNI dan warga bergotongroyong membersihkan Sungai Gajahwong yang melintasi kawasan Kelurahan Pandean Kecamatan Umbulharjo, Senin (02/04/2018). Sampah-sampah baik plasik maupun dedaunan yang menumpu di sungai dipunguti dan dibuang ketepian. Dalam sekejap hampir sepanjang 100 meter di sungai tersebut sampah tak terlihat lagi dan Kali Gajahwong terlihat bersih.

Kegiatan ini dilakukan prajurit dan masyarakat sebelum proses pembangunan talud di sungai tersebut dilakukan. Selain untuk kebersihan dan keindahan sungai, proses pembersihan sampah ini juga dilakukan agar proses pembangunan talud tak tergangung sampah-sampah yang terbawa arus.

Pasi Teritorial (Pasiter) Kodim 0734 Yogyakarta, Kapten (Inf) Rino Tri Widodo menyampaikan banyaknya sampah di Sungai Gajahwong sebenarnya bukan hanya berasal dari warga Pandean saja. Penduduk di utara Pandean yan wilayahnya dialiri Gajahwong ini juga memiliki andil dalam terciptanya sampah di sungai terbesar ketiga di Kota Yogyakarta ini.

“Hari ini sampah kawasan Pandean bisa dibersihkan dari sungai, namun belum tentu besok masih tetap bersih. Kalau sampah sudah dibawa dari atas sungai (utara) maka yang di bawah (selatan) akan kena imbasnya karena arus membawanya ke sini,” jelas Rino Tri Widodo.

Ditegaskannya persoalan sampah di sungai merupakan tanggungjawab bersama. Misal hari ini suatu wilayah melakukan pembersihan, namun jika tempat lain warganya tetap membuang sampah di sungai maka hal itu akan sama saja.

Pola pikir seperti inilah menurut Rino Tri Widodo yang harus dibangun dalam masyarakat. Hal tersebut yang akan dilakukan prajurit dalam TMMD Reguler ke-101 Kodim 0734 Yogyakarta di Kelurahan Pandean Kecamatan Umbulharjo ini.

“Melalui tindakan nyata maupun penyuluham, kami akan mengajak masyarkaat untuk menghargai sungai. Pola pikir untuk hidup berdampingan dengang sungai harus dibangun sejak awal dan dimulai dari Pandean ini,” teganya. (Van)

Kredit

Bagikan