Prof Rosly Bin Jafar : Teknologi Penting untuk Pembelajaran

user
tomi 20 Oktober 2019, 14:05 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGA.com - Teknologi sangat penting untuk pembelajaran. Pembelajaran Fisika juga harus menyesuaikan perkembangan zamannya. Teknologi diciptakan untuk memudahkan manusia dan memecahkan berbagai kendala.

Demikian diungkapkan Prof Rosly bin Jaafar PhD, dari Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia dalam Guest Lecture 2019 di Aphitarium Kampus Utama Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Ringroad Selatan, Bantul, Minggu (20/10/2019). Kuliah umum tersebut diselenggarakan Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)-UAD. Kuliah umum dibuka Eko Nur Prasetiyo MPd (Kaprodi Pendidikan Fisika UAD) dengan moderator Nanang Suwondo MPd.

Menurut Rosly, pendidikan apapun disiplin ilmunya, sebaiknya seiring dinamika teknologi. Seperti teknologi HP dengan dengan fasilitas, fitur dan aplikasi sangat memudahkan pembelajaran fisika, seperti menjelaskan kecepatan, medan magnetik dan sebagainya.

Ditegaskan Rosly, banyak hal bisa dijelaskan dengan dengan pendekatan ilmu fisika. Misal soal arus listrik, gelombang magnetik. "Sumbangsih ilmu Fisika bisa menjelasksn sesuatu yang ada, tetapi tidak nampak seperti angin, udara dan sebagainya dengan teknologi," ujarnya.

Sedangkan Eko Nur Sulistiyo saat membuka acara antara lain mengatakan, Pendidikan Fisika UAD dengan UPSI Malaysia sudah terjalin lama. "Maka kalau ada mahasiswa UAD misalnya mau melakukan Study Exchange bisa saja, sebaliknya dari UPSI," ujarnya. (Jay)

Credits

Bagikan