Musim Hujan Datang, Tiga Desa Malah Ajukan Droping Air

user
danar 19 November 2019, 17:50 WIB
untitled

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com - Meski telah memasuki musim penghujan, tiga desa justru mengajukan droping air bersih pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung.

"Tiga desa meminta droping air bersih pada BPBD. Kami sudah mulai droping sesuai kebutuhan," kata Plt Ketua Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi, Selasa (19/11/2019).

Dikatakan sesuai prakiraan BMKG di wilayah Temangggung sudah mulai hujan awal November tetapi di Temanggung hujan belum merata atau masih hujan lokal sehingga sebagian mata air masih tertutup. Hujan di beberapa daerah juga belum intensif, ada yang tiga hari sekali bahkan ada yang baru dua kali sejak awal bulan.

Disampaikan desa yang meminta droping air tersebut yakni Desa Wonotirto, Ngaliyan dan Selopampang. Droping untuk sementara dilakukan setidaknya tiga kali dalam satu minggu.

Bertambahnya droping di tiga desa itu, terusnya, sehingga kini BPBD masih droping air bersih di 12 desa dan 12 kecamatan. Sedangkan keseluruhan desa yang mendapat droping tahun ini mencapai 30 desa di 20 kecamatan, dengan total sekitar 1400 tangki air bersih.

"Dana droping InsyaAllah masih mencukupi sampai hujan intensif pada akhir bulan," katanya.

Sementara untuk antisipasi kebencanaan di awal musim penghujan, BPBD gencarkan sosialisasi pada daerah-daerah rawan kebencanaan banjir, angin puting beliung dan longsor.

"Warga diharapkan waspada kebencanaan, mengetahui tanda-tandanya dan siap menghadapi bencana, paling tidak bisa menyelamatkan diri sebelum menyelamatkan orang lain," katanya.

Dikatakan sosialisasi untuk antisipasi memiminalkan korban jiwa, luka dan kerugian material. Sejumlah titik rawan longsor telah pula dipasangi alat Early Warning System (EWS), dan melatih kembali relawan untuk menghadapi kebencanaan di musim penghujan.

"Kesiapan telah ada, semoga tidak ada bencana, atau jika ada dapat meminimalkan kerugian dan korban," katanya. (Osy)

Kredit

Bagikan