Maling Gigit Jari Korban Sampai Putus

user
tomi 17 November 2019, 19:25 WIB
untitled

KARANGANYAR, KRJOGJA.com Berniat mengejar pencuri di rumahnya, seorang warga Perum Bumi Graha Indah Jaten, R (53) malah mendapat petaka. Jari telunjuk kirinya digigit maling itu sampai putus saat mereka berantem.

"Seorang pelaku melarikan diri. Nah, satu lagi berhasil dihentikan. Korban dan saksi sempat berkelahi dengan pelaku. Hingga akhirnya maling tertangkap. Namun, pemilik rumah harus kehilangan jari telunjuknya karena digigit pelaku," kata Kapolres Karanganyar AKBP Catur Gator Efendi kepada wartawan dalam gelar barang bukti di Mapolres.


Peristiwa itu terjadi di rumah korban pada Kamis (28/10) dini hari. Diceritakan, pelaku W alias Klowor dan rekannya R alias Thole menyisir perkampungan untuk mencari sasaran rumah kosong atau tak terkunci. Mereka menemukan pintu rumah R sedikit terbuka dan di dalamnya tak ada tanda-tanda pemilik beraktivitas. Lantas, tersangka Thole masuk ke rumah sedangkan Klowor berjaga di luar sambil mengawasi keadaan. Saat itulah anak pemilik rumah, AG (31) memergoki pencuri.


"AG mengecek karena pintu kamar terbuka. Di situ ia memergoki Thole menggeledah barang-barang. Saat diteriaki maling, Klowor yang di luar rumah mendengar lalu kabur dengan memanjat pagar. Sedangkan Klowor terlambat. Ia yang berusaha menaiki pagar, gagal karena AG menarik celananya. Mereka berkelahi. Kegaduhan itu membuat R terbangun. Ia lalu membantu anaknya yang sedang dihajar Thole," katanya.

Perkelahian itu melukai ketiganya. R mengalami luka terparah, yakni jarinya putus digigit Thole. Dibantu para tetangga, akhirnya Thole berhasil diringkus. Tak berapa lama kemudian, polisi juga menangkap rekannya, Klowor.

Polisi mengamankan barang bukti yakni sebilah arit dan obeng. Alat itu diduga sarana pelaku melancarkan aksinya. Para pelaku dikenai pasal 53 jo pasal 365 KUHP tentang Percobaan Pencurian dengan Kekerasan. Ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara. (Lim) 

Kredit

Bagikan