Kampanye Humanis Ala Kapolres dan Dandim Klaten

user
tomi 10 November 2019, 16:12 WIB
untitled

KLATEN, KRJOGJA.com -Upaya menciptakan keamanana daerah bisa dikampanyekan dengan cara yang lebih humanis dan menyentuh sendi-sendi kehidupan sosial. Hal inilah yang dilakukan oleh Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo dan Letkol Kav. Minarso.

Kolaborasi Polres dan Kodim tersebut telah mencanangkan adanya kegiatan Jumat berkah, yang dimulai pada pekan kemarin. Dua instansi ini juga menggandeng organisasi kemasyarakatan Banser dan Kokam, untuk terjun langsung memberikan santunan pada masyarakat.

Kegiatan diawali dengan mengunjungi panti asuhan dan yayasan pemeliharaan bayi terlantar (YPBT) Siwi Mekar di Desa Gayamprit, Klaten Selatan. Kedatangan rombongan langsung disambut gembira oleh anak-anak penghuni panti yang rata-rata masih balita. Mereka berebut bersalaman, bahkan beberapa balita ada yang langsung minta digendong.

Pemandangan anak-anak yang berebut minta digendong itu cukup mengharukan. Bisa dimakhlumi jika mereka jarang digendong, karena keterbatasan pengurus panti, sedangkan jumlah anak yang harus dirawat sebanyak 50 anak. “Maaf ya bu, anak-anak nakal, minta digendong,” kata salah seoang pengurus panti kepada ibu-ibu anggota Bhayangkari dan Persit.

Kapolres dan Dandim menyerahkan bantuan sembako, susu, makanan ringan untuk anak-anak serta kebutuhan tidur berupa kasur, bantal dan guling. Bantuan tersebut diterimakan secara simbolis kepada ketua yayasan, Sri Rejeki.

Sri Rejeki menjelaskan, santunan yang diberikan Polres dan Kodim sangat membantu operasional panti asuhan. Kendati panti asuhan sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah, namun belum bisa menutup 100% kebutuhan. Untuk itu, pihak yayasan harus membuka beberapa usaha ataupun menerima bantuan dari donatur.

Rombongan Kapolres dan Dandim selanjutnya menemui para pengamen dan tukang becak yang sering mangkal di sekitar simpang tiga Masjid Al Aqsa. Mereka diajak dimakan bersama, dan bagi yang beragama Islam mendapatkan tausiah dari Kokam dan Banser, agar tidak melupakan sholat. Kapolres dan Dandim juga memberikan pesan agar para pengamen dan tukang becak ikut menjaga keamanan di sekitar lingkungannya. Kegiatan ditutup dengan pembagian sarung untuk sholat.

Kapolres Klaten menjelaskan, kegiatan bakti sosial "Jumat Berkah" akan dilaksanakan secara rutin seminggu sekali dan serentak mulai dari tingkat polres hingga polsek jajaran. Diharapkan dengan adanya kegiatan Jumat Berkah, personel jadi terbiasa bersedekah, kemudian masyarakat bisa terbantu dan ikut berpartisipasi dengan pemerintah dalam berbagai hal. (Sit)


Kredit

Bagikan