Zona Integritas, PTA Yogya Buat Terobosan Pelayanan Publik

user
danar 05 November 2019, 07:10 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Yogya membuat terobosan pelayanan publik dalam rangka pencanangan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Dengan harapan memudahkan masyarakat untuk mengakses pelayanan di PTA Yogya.

Ketua PTA Yogya Drs H M Said Munji SH MH menjelaskan, terobosan yang diantaranya, penyelesaian perkara di PTA dipercepat menjadi 2 bulan. Padahal peraturan dari Mahkamah Agung (MA), tiga bulan.

"Penyelesaian perkara yang biasanya 3 bulan, tapi di PTA Yogya dipercepat menjadi 2 bulan," kata Said Munji saat menerima Tim penilai zona integritas dari Kemenpan RB, Senin siang (4/11/2019) di PTA Yogya di jalan ring road selatan.

Selain itu, PTA Yogya mempunyai program 'one day minute' dan 'one day publish'. Setiap perkara yang telah diputus, langsung dapat diakses melalui website PTA Yogya. "Perkara yang hari itu diputus langsung diminutasi dan dipublis hari itu juga," terang Said didampingi Sekretaris PTA Yogya Karya Rini Fatonah SH MM.

Di samping itu, PTA Yogya juga membuat beberapa aplikasi untuk membantu kemudahan pegawai dalam bekerja. Diantaranya Sistem Informasi Manajemem Persuratan (SIMP), Sistem Informasi Sasaran Kerja Pegawai (Simkape), Sistem Informasi Laporan Keuangan (Silak), Sistem Informasi Arsip Dokumentasi Elektonik (Siade), Sistem Informasi Pemeliharaan Barang Milik Negara (SIPBMN) dan lainnya.

"Aplikasi ini dibuat oleh Tim IT PTA Yogya. Tujuan aplikasi ini untuk meningkatkan kinerja pegawai. Sehingga nantinya bisa memudahkan masyarakat untuk mengakses pelayanan di PTA Yogya," paparnya. (Sni)

Kredit

Bagikan