Bappeda Raih Penghargaan Pengelolaan Informasi Publik

user
ivan 29 Agustus 2022, 22:58 WIB
untitled

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kulonprogo meraih penghargaan tertinggi atas pengelolaan informasi publik dalam Penghargaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) atau 'PPID Award 2022' yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulonprogo di Aula Adikarta, Gedung Kaca, Kompleks Pemkab setempat.

Menurut Kepala Dinkominfo Kulonprogo Agung Kurniawan MSi, acara tahunan tersebut merupakan bentuk monitoring dan evaluasi (monev) atas peran tugas para PPID Pembantu yang ada disetiap perangkat daerah sampai tingkat kalurahan.

"Award ini juga sekaligus mengapresiasi dan memberikan motivasi kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu pada perangkat daerah selaku badan publik agar memberikan pelayanan yang terbaik terkait informasi publik di Kulonprogo," kata Agung, Senin (29/08/2022).

Hasil penilaian PPID Award 2022, untuk kriteria Setda/ Setwan/ Badan/ Dinas. Peringkat satu diraih Bappeda, peringkat dua Dinas Lingkungan Hidup, peringkat tiga Inspektorat Daerah, peringkat empat IV BKAD dan peringkat V diraih Dinas Pertanian dan Pangan.

Sedangkan kategori kapanewon, peringkat satu Kapanewon Nanggulan, peringkat dua Kapanewon Kalibawang, peringkat tiga Kapanewon Pengasih, peringkat empat Kapanewon Lendah dan peringkat lima diraih Kapanewon Girimulyo. Kategori kalurahan, peringkat satu diraih Kalurahan Tawangsari, peringkat dua Kalurahan Bugel, peringkat tiga Kalurahan Giripurwo, peringkat empat Kalurahan Kebonharjo dan peringkat lima Kalurahan Kulur.

Sementara itu Pj Bupati Drs Tri Saktiyana berharap informasi publik di kabupaten ini semakin transparan dan bertanggung jawab. "PPID di masing-masing OPD hendaknya bisa mengolah informasi-informasi publik dengan sebaik-baiknya, prinsipnya seluruh informasi itu terbuka kecuali yang ditentukan tertutup dan pastikan seluruh informasi yang terbuka kita yang menginformasikan bisa mempertanggungjawabkan tidak mencederai privasi individu maupun masyarakat," pesan Tri. (Rul)

Credits

Bagikan