Jumpa Anies Baswedan di Jakarta, Sekretariat Kolaborasi Indonesia DIY Sampaikan Harapan

user
Ary B Prass 28 Agustus 2022, 16:57 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Sekretariat Kolaborasi Indonesia DIY yang merupakan gabungan dari beberapa elemen relawan pendukung Anies Baswedan di DIY baru saja bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta tersebut, 24 Agustus 2022 lalu di Jakarta. SKI DIY menyampaikan aspirasi secara langsung pada Anies dalam kesempatan tersebut.

Koordinator SKI DIY, Kardi, SH mengatakan, ada beberapa buah pikiran yang mengemuka ketika berlangsung penyampaian aspirasi warga masyarakat berbagai propinsi kepada Anis Baswedan. Pertemuan berlangsung di Pendopo Anies Baswedan Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu 24 Agustus 2022 mulai pukul 06.30 hingga 08.00 WIB.

“Pertama, harapan besar agar para relawan Anies Baswedan bisa memfasilitasi adanya peningkatan partisipasi warga dalam proses pemilu maupun pilpres 2024. Jangan sampai hajatan demokrasi lima tahunan ini hanya menjadi ajang kepentingan parpol dan para kontestan. Menepikan peran serta masyarakat luas sebagai pemilik sah dan sejati kedaulatan negeri. Di samping itu, para relawan juga perlu melakukan interaksi dengan berbagai lapisan masyarakat untuk menampung aspirasi warga,” ungkap Kardi dalam jumpa media di Timoho Yogyakarta, Minggu (28/8/2022).

Menurut Kardi, jika masyarakat berikap pasif, maka parpol pun akan cenderung diam sehingga diperlukan upaya-upaya proaktif. Para relawan diharapkan agar terus merajut komunikasi dengan partai politik di berbagai tingkatan mulai pusat, propinsi, hingga kabupaten dan kota.

“Kita bisa gambaran obyektif bahwa bangsa ini memerlukan pemimpin yang tidak hanya cerdas, santun, tapi juga jujur dan amanah sehingga tidak dapat menyelesaikan problem-problem praksis, tapi juga secara sistemik dapat mengembalikan bangsa ini sesuai dengan amanat para pendiri bangsa untuk mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial. Semua hal itu jelas ada dalam rekam politik hanya ada dalam figur Anies Baswedan,” sambung pria yang juga mantan Kajari Yogyakarta ini.

Selain itu para relawan, simpatisan dan pendukung Anies Baswedan, juga diharapkan untuk terus aktif melakukan silaturahmi dengan para publik figur, tokoh-tokoh dan pemuka masyarakat. Sinergi dan kolaborasi sumber daya harus diupayakan agar bisa melakukan perbaikan keadaan sekaligus menyatukan pikiran, pandangan maupun kekuatan lintas elemen.

“Keempat, para relawan agar terus melakukan konsolidasi, tampil simpatik  dan merapikan barisan. Relawan yang sudah terhimpun dalam satu komunitas, diharapkan agar tidak merangkap menjadi relawan maupun pengurus di simpul relawan yang lain. Biarkan masing-masing komunitas relawan tumbuh dan berkembang sesuai dengan karakter dan jati diri yang dimilikinya. Kesamaan tujuan untuk mengusung Anies Baswedan harus lebih ditonjolkan. Dengan demikian, sinergi dan kolaborasi lintas komunitas atau lintas kelompok akan lebih mudah untuk dilakukan,” sambungnya lagi.

Sementara, Ketua Persaudaraan Mak Mak Indonesia (PMMI) Nur Aisyah Haifani menyatakan tak ragu dengan sosok Anies Baswedan sebagai sosok pemimpin bangsa di periode mendatang. PMMI menyatakan dukungan pada Anies dan siap memberikan tenaga pikiran untuk membantu mewujudkan mimpi tersebut. (Fxh)

Credits

Bagikan