Kesadaran Masyarakat Untuk MCU Masih Rendah

user
agus 26 Agustus 2022, 17:10 WIB
untitled

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Kesadaran masyarakat untuk melakukan Medical Check Up (MCU) masih rendah. Banyak hal yang mempengaruhi masih rendahnya masyarakat untuk MCU, diantaranya merasa tubuh sehat, sehingga belum membutuhkan. Maka sosialisasi terus dilakukan untuk memberikan pemahaman terhadap keberadaan MCU ini.

Demikian dikatakan Direktur RSUD Wates dr Eko Budiarto MKes SpAn di sela-sela menerima 36 pekerja Bank BRI Kantor Cabang Wates dan Unit melakukan MCU, Kamis (25/08/2022). "Selama ini yang banyak MCU baru sebatas pegawai instansi dengan usia 40 tahun ke atas. Meski perorangan ada juga. Bank BRI inilah yang pertama membawa banyak pekerjanya untuk MCU di RSUD Wates. Diharapkan kerja sama ini akan berkelanjutan," ujar Eko.

Eko menjelaskan, untuk usia 40 tahun (tidak BPJS) ke atas memang sebaiknya MCU agar terdeteksi status tubuhnya, adakah didapati suatu penyakit atau tidak. "Seperti usia 40 tahun ke atas bagi ibu-ibu untuk deteksi kanker rahim bisa melakukan pap smear, demikian pula kondisi atau aktivitas jantung dengan EKG, dan sebagainya," tambahnya.

Dikatakan Pemimpin Cabang (Pinca ) Bank BRI Kantor Cabang (Kanca) Wates Hendrarto, sebanyak 36 orang pekerja dari Kanca Wates dan Unit menjalani MCU. Mereka merupakan pekerja berusia 40 tahun hingga usia pensiun 56 tahun. "Kami melakukan ini untuk mengetahui kesehatan para pekerja. Rutin dilakukan satu atau dua tahun sekali sesuai usianya," ucap Hendrarto. (Wid)

Credits

Bagikan