Pascasarjana UNY Siap Membina Pengembangan Desa Wisata

user
agus 26 Agustus 2022, 15:24 WIB
untitled

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melalui Program Studi Magister dan Doktoral Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (PTK) dan Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di Desa Tinalah Purwoharjo dan Segajih Hargotirto, Kabupaten Kulonprogo.

"Penelitian dan pengabdian masyarakat diselenggarakan untuk mengkaji potensi desa Tinalah dan Segajih dalam bidang pengembangan desa wisata," terang Prof Dr Putu Sudira salah satu tim pengabdi dalam siaran pers yang diterima KRJOGJA.com, Kamis (25/8/2022).

Menurut Putu, penelitian diawali dengan pemetaan potensi dan pembangunan peta digital di kedua desa tersebut. Potensi-potensi desa diidentifikasi dan dipetakan lalu disusun berbagai rencana aksi pengembangan. Penelitian dan Pengabdian Masyarakat melibatkan mahasiswa magister dan doktoral.

"Pascasarjana UNY telah bersepakat bersama kedua desa tersebut untuk melakukan kerja sama pengembangan, di mana peran Pascasarjana UNY sebagai pendamping," tandasnya.

Dijelaskan Putu, untuk meningkatkan potensi desa wisata Tinalah dan Segajih, Pascasarjana UNY telah membangun sarana pendukung berupa bangunan dua buah gasebo. Selain itu memberi bantuan fasilitas berupa peralatan membatik, peralatan penyelenggaraan kuliner, seni budaya, pelatihan kuliner, barista dan jemparingan. Kemudian pelatihan pengolahan pangan lokal, pelatihan bahasa asing, penanganan pemanduan wisata, dan pemasaran wisata desa.

"Melalui pendampingan ini diharapkan kemajuan desa wisata ini meningkat secara signifikan dan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Disamping itu dapat menggugah kesadaran para pemudanya untuk membangun desanya sendiri," pungkasnya. (Dev)

Credits

Bagikan