Keyakinan Kota Yogya Juara Umum Porda Membumbung Tinggi

user
agus 25 Agustus 2022, 21:30 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Kontingen Kota Yogyakarta yang akan tampil di ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI DIY 2022 mendatang resmi dikukuhkan dan dilepas oleh Pj Walikota Yogyakarta, Sumadi SH MH di Balaikota Yogya, Kamis (25/8/2022). Dalam kegiatan yang diikuti seluruh atlet, pelatih dan ofisial Kota Yogyakarta tersebut, keyakinan merebut gelar juara umum di Porda kali ini membumbung tinggi.

Keyakinan tersebut diungkapkan seluruh anggota kontingen saat menjawab tantangan Pj Walikota, Sumadi SH MH. “Untuk itu saya tantang saudara-saudara sekalian, sanggupkah kita bertanding dan berjuang untuk Kota Yogyakarta?, Sanggupkah kita mengerahkan segala kemampuan yang terbaik dan maksimal untuk Kota Yogyakarta?, Sanggupkah kita merebut Juara Umum?, Sanggupkah kita memberikan prestasi yang terbaik untuk Kota Yogyakarta, DIY, bangsa dan negara Indonesia?,” tanya Sumadi.

Tantangan yang secara langsung disampaikan di hadapan peserta kegiatan tersebut langsung dijawab dengan kesanggupan dengan nada tegas oleh semua peserta. “Kita doakan agar Kontingen Kota Yogya dalam Porda kali ini, Insyaallah, pasti dan yakin akan dapat merebut posisi juara umum, yang pada Porda XV lalu terpaksa lepas ke Kabupaten Sleman,” jelasnya.

Kota Yogyakarta menurut Sumadi sudah terlalu lama menunggu jadi juara umum, yakni pada Porda XII tahun 2013 lalu di Kabupaten Gunungkidul. Kemudian pada Porda XIII tahun 2015 di Kulonprogo dan Porda XIV tahun 2017 di Bantul, posisi Kota Yogyakarta turun ke peringkat ke-3. Sedangkan pada tahun 2019 lalu, sebagai tuan rumah Kota Yogyakarta naik sedikit menjadi runner-up.

Dengan semakin dekatnya pelaksanaan Porda, Sumadi meminta seluruh atlet dan pemerhati olahraga Kota Yogyakarta agar menyambutnya dengan penuh semangat, disertai harapan tinggi untuk meraih prestasi puncak yang tertinggi. Semangat Vini, Vidi, Vici (Aku datang, aku bertanding dan aku menang), serta Citius, Altius, Fortius (Lebih cepat, lebih tinggi dan lebih kuat) harus dikobarkan.

Dalam kegiatan tersebut, pengukuhan kontingen dilakukan langsung oleh Pj Walikota, Sumadi SH MH dengan menyematkan topi kontingen kepada Ketua Kontingen yang dijabat Sekda Kota Yogya, Ir Aman Yuriadijaya MM, perwakilan atlet putra dan putri, serta perwakilan pelatih. Sedangkan seremonial pelepasan kontingen ditandai dengan penyerahan bendera kontingen dari Pj Walikota kepada Ketua Kontingen.

Sementara itu Ketum KONI Kota Yogyakarta, Aji Karnanto SE MM dalam laporannya menjelaskan, untuk Porda kali ini kontingen Kota Yogyakarta berkekuatan 921 personel yang terdiri dari dari 732 atlet, 113 pelatih dan 76 ofisial. Dengan total nomor pertandingan atau perlombaan yang diikuti sebanyak 411 nomor dari 44 cabang olahraga .

“Dengan acara ini kami berharap peningkatan semangat seluruh Kontingen Kota Yogyakarta dalam mengikuti Porda dari tanggal 1 sampai dengan 9 September 2022 mendatang. Dan kami harapkan di Porda kali ini prestasi Kontingen Kota Yogyakarta secara maksimal bisa tercapai, sehingga target Kota Yogyakarta dalam Porda XVI DIY 2022 untuk bisa menjadi juara umum dapat terwujud,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Kontingen yang dijabat Sekda Kota Yogya, Ir Aman Yuriadijaya MM mengaku siap untuk membawa kontingen Kota Yogya meraih prestasi terbaik di Porda tahun ini. “Untuk itu, kami memohon doa dan dukungan dari seluruh hadirin yang hadir di acara ini dan seluruh masyarakat Kota Yogya agar perjuangan atlet-atlet Kota Yogyakarta bisa meraih hasil maksimal,” tegasnya.(Hit)

Kredit

Bagikan