Buat Sumur Untuk Batubata, Sarimun Tewas Tertimbun Tanah Galian

user
agus 25 Agustus 2022, 08:11 WIB
untitled

KUDUS, KRJOGJA.com - Nasib naas menimpa Sarimun (50) warga Desa Gribig Kecamatan Gebog Kudus Jawa Tengah. Pria tersebut tewas tertimbun tanah galian sumur yang berlokasi di area persawahan tempat pembuatan batubata di Blok Kemiri Dukuh Nguneng Desa Gribig, Rabu (24/8). Evakuasi korban dilakukan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, anggota Polsek Gebog serta warga sekitar.

Korban berhasil diangkat dari dalam sumur kurang lebih memakan waktu lebih dari satu setengah jam.

Informasi yang dihimpun KRJOGJA.com, peristiwa naas itu terjadi Rabu siang dan baru bisa dilakukan penanganan setelah dua jam. Saat dilakukan penggalian, korban ditemukan sudah dalam keadaan tidak bernyawa. "Untuk evakuasi pengangkatan korban memakan waktu hampir dua jam," kata rekan korban, Abdul Rouf (22).

Sumur di tengah sawah itu sengaja dibuat untuk membasahi tanah liat pembuatan batubata di area tersebut. Rencananya, galian sumur akan dibuat dengan kedalaman sembilan meter hingga 10 meter. Namun baru digali sedalam enam meter tiba- tiba material tanah yang berada di atasnya runtuh dan menimbun korban.

Penggalian sumur oleh korban dilakukan mulai pukul 08.00, bersama temannya Supaat.

"Saat tanah mau runtuh, Pak Sarimun sebenarnya akan naik ke atas. Tetapi belum sempat naik, tanah yang di atas lebih dulu ambrol dan menmbun korban," terangnya.

Mengetahui tanah material galian sumur runtuh, Rouf bersama rekannya Supaat yang lebih dulu naik ke atas, berteriak mencari pertolongan. Sejumlah warga yang mendengar teriakan, mendatangi lokasi kejadian. Namun mereka tak mampu berbuat apa- apa karena material tanah yang menimbun korban material sangat tebal.

Kejadian itu kemudian dilaporkan ke pihak berwajib. Anggota Polsek Gebog, tim Inafis Polres Kudus, serta petugas BPBD setempat langsung turun ke tempat kejadian perkara (TKP).

"Korban murni mengalami musibah. Dari identifikasi, tidak ditemukan adanya kejanggalan yang mencurigakan. Korban sudah meninggal saat diangkat dari dalam sumur galian" ujar Kapolsek Gebog Iptu Danail Arifin. (Trq)

Kredit

Bagikan