182 Desa BRILIan Dibantu 36.400 Bibit

user
agus 24 Agustus 2022, 21:13 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Dalam rangka mendukung Implementasi program ESG (Enviroment, Social & Governance), PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk menginisiasi 'Program BRI Menanam' yang diselenggarakan diseluruh unit kerja BRI yang tersebar diseluruh Indonesia. Pelaksanaan penanaman bibit akan dibagikan ke seluruh Desa BRILian binaan BRI dan nasabah BRI unit yaitu nasabah KUR baru maupun KUR eksisting.

"Pada tahun 2022 ini, BRI telah menyiapkan 376.400 Bibit untuk lahan desa, 226.800 bibit untuk nasabah KUR BRI Unit Eksisting, dan 151.201 Bibit untuk nasabah KUR BRI Unit Baru. Sedangkan untuk Regional Office BRI Yogyakarta sendiri akan menyalurkan 36.400 bibit untuk 182 Desa BRILIan, 23.100 bibit untuk nasabah KUR BRI eksisting dan 15.400 bibit untuk nasabah KUR baru," terang Regional CEO BRI Yogyakarta John Sarjono, Senin (22/8) di Yogyakarta, terkait dengan Program Menanam BRI untuk wilayah Regional Office BRI Yogyakarta.

Sedangkan Program BRI Menanam secara simbolis telah dilakukan beberapa waktu lalu dengan penyerahan bibit dan penanaman pohon mangga di Kampung Mataram, Jalan Ringroad Selatan Sewon Bantul. Penyerahan bibit dilakukan oleh John Sarjono dan Asisten Dua Bupati Bantul, Bambang Guritno,

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK)DIY Parjiman, kepada sembilan Lurah di Bantul. Menurut John Sarjono, Program BRI menanam merupakan inisiatif Bank BRI untuk berkontribusi menciptakan kondisi lingkungan dan sosial yang lebih baik melalui gerakan menanam tanaman produktif yang memiliki manfaat dan mampu mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan.

"Untuk mendukung kesuksesan program BRI menanam, jenis bibit yang ditanam masing-masing desa sudah sesuai dengan aspirasi masyarakat desa dan kesesuaian jenis lahan," tambahnya.

Dengan demikian bibit yang ditanam tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan tetapi juga mampu mewujudkan kemandirian pangan. Bahkan diharapkan dapat menjadi salah satu produk unggulan desa sehingga bisa menjadi salah satu sumber pendukung pertumbuhan ekonomi desa.

Komitmen Bank BRI untuk terus melaksanakan Gerakan BRI menanam, menurut John Sarjono tidak hanya di tahun 2022, tetapi berkesinambungan pada ditahun berikutnya. "Tentunya disertai komitmen untuk merawat dan terus mendukung pertumbuhan ekonomi desa melalui rangkaian program-program pemberdayaan desa dan nasabah BRI pada umumnya," ujarnya.

Sedangkan Asisten dua Bupati Kabupaten Bantul, Bambang Guritno, mengaku siap mendukung program BRI Menanam. Untuk BRI Kanca Bantul sendiri telah menyiapkan total 3.550 bibit, 1.800 bibit untuk lahan desa, dan sisanya untuk nasabah KUR BRILian binaan. "Ada sembilan desa di Bantul yang akan mendapat bantuan bibit dari BRI. Program ini kami sesuai dengan komitmen Pemkab Bantul dalam upaya menjaga lingkungan yang hijau serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat," terangnya. (Can)

Kredit

Bagikan