Penyuluh Agama Harus Semakin Inovatif dan Kreatif

user
danar 23 Agustus 2022, 01:10 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY melalui Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat-Wakaf (Penais Zawa) mulai menggelar Penilaian Lomba Penyuluh Agama Islam PNS-Non PNS Teladan Tahun 2022. Diawali wakil dari Kankemenag Kota Yogyakarta yang dihelat di KUA Tegalrejo Yogyakarta, Senin (22/8/2022).

Menurut Kabid Penais Zawa Kanwil Kemenag DIY Drs H Sigit Warsita MA, Lomba Penyuluh Agama Islam PNS-Non PNS Teladan merupakan kegiatan rutin yang digelar tiap tahun. “Alhamdulillah selama ini wakil dari DIY selalu mendapat tempat terbaik tingkat nasional. Pada 2019 Juara I dan 2020 Juara II tingkat nasional,” tandas Sigit.

Pihaknya berharap esensi kegiatan tidak hanya berhenti di lomba. “Namun para penyuluh dapat termotivasi meningkatkan profesionalitas kepenyuluhan di tengah masyarakat. Semakin inovatif dan kreatif, yang dapat diterima oleh segala lapisan masyarakat,” jelas Sigit.

Adapun Penyuluh PNS yang dinilai adalah Siti Daimah SAg dari KUA Jetis yang membawakan makalah berjudul ‘Cahaya Ilahi di Kampung Badran’ yang menceritakan suka-duka mengasuh majelis taklim di kawasan yang selama ini dikenal kurang tersentuh dakwah.

Sementara Penyuluh Non-PNS Eka Astuti SPd dari KUA Tegalrejo dengan inovasinya berjudul ‘Pelipur Jaman’, peran penyuluh agama dalam mengatasi dampak kerusakan lingkungan dengan cara mengolah minyak jelantah menjadi sabun cuci yang memiliki nilai ekonomis.

Hadir dalam penilaian Dewan Juri H Nurrokhman MA (Penyuluh Agama Ahli Muda/Subkor Kepenyuluhan Bidang Penais Zawa), Rokhmat Ismail (Pelaksana Bidang Penais Zawa), Bramma Aji Putra (Pranata Humas Kanwil Kemenag DIY), Kakankemenag Kota Yogyakarta Drs H Nur Abadi MA, Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Yogyakarta Drs H Saeful Anwar MSI, Mantri Pamong Praja Kemantren Jetis Rini Rahmawati SIP MIP, Mantri Pamong Praja Kemantren Tegalrejo Drs H Antariksa Agus MSi, Kepala KUA Jetis Hakam SHI dan Kepala KUA Tegalrejo Supasdi SAg serta tamu undangan lainnya. (Feb)

Credits

Bagikan