Sejumlah Penerbangan Internasional Segera Dibuka, Jam Operasional YIA Diperpanjang

user
danar 23 Agustus 2022, 08:10 WIB
untitled

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Manajemen PT Angkasa Pura (AP) I selaku pengelola Yogyakarta International Airport (YIA) akan menambah jam operasional dari yang sebelumnya hanya sampai pukul 18.00 WIB diperpanjang menjadi pukul 21.00 WIB.

Menurut GM YIA, Agus Pandu Purnama langkah tersebut di tempuh sebagai tindak lanjut atas rencana maskapai lokal seperti Lion Air Grup akan membuka enam rute baru dari YIA ke sejumlah daerah seperti Pontianak dan Banjarmasin. Pihak maskapai tersebut menghendaki rute pada malam hari.

"Mulai awal September kami akan membuka jam operasi lebih panjang, tadinya hanya sampai jam 18.00 WIB menjadi sampai pukul 21.00 WIB. Dari Lion Grup sudah mengajukan enam rute baru untuk domestik, diantaranya Pontianak, Banjarmasin dan daerah-daerah lain, mereka minta penerbangan malam hari," kata Agus Pandu, Senin (22/8/2022).

"Termasuk ke Jakarta mereka juga minta rute malam hari. Sehingga kami siapkan jam operasinya tambah," jelasnya.

Dengan adanya penambahan rute tersebut uangkap Pandu maka total pergerakan pesawat ke depan menjadi sekitar 70-an, dari semula 62 pergerakan. "Kalau sekarang kan baru 62 pergerakan perhari, berarti kalau nanti ada tambahan bisa sampai 70. Mudah-mudahan ini trendnya meningkat terus seiring dengan iklim investasi di kita meningkat sehingga otomatis pergerakan orang dan barang juga ikut meningkat," ujar Pandu.

Disinggung tentang penerbangan internasional, Agus Pandu Purnama mengatakan, sejumlah penerbangan internasional akan dibuka di YIA. Rute baru mulai dari Malaysia, Singapura dan Turki akan dilayani bandara internasional tersebut.

Diungkapkan, dalam beberapa waktu terakhir pihaknya intens berkomunikasi dengan sejumlah maskapai asing terkait rencana pembukaan rute baru di YIA. Di antaranya Malaysia Arilines, Air Asia, Scoot Tiger, hingga Turkish Airlines.

Untuk Malaysia Airlines berencana membuka rute dari Kuala Lumpur - YIA maupun sebaliknya. Sementara Air Asia dan Scoot Tiger bakal memilih rute dari Singapura ke YIA dan sebaliknya.

"Terakhir kami juga sudah ketemu dengan Turkish (Airlines) yang akan membuka rute dari Turki menuju YIA. Mudah-mudahan dalam waktu dekat terealisasi. Targetnya sih Januari 2023 untuk Turkish. Tapi kalau yang Malaysia Air dan lain-lain di September ini sudah mulai," katanya. (Rul)

Credits

Bagikan