Mahasiswa KKNT Kelompok 82 UMBY Gelar Sosialisasi Pengurangan Sampah Plastik di Pasar Prambanan

user
danar 21 Agustus 2022, 18:10 WIB
untitled

SLEMAN, KRJOGJA.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Kelompok 82 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang berjumlah 11 orang melaksanakan kegiatan KKNT di Pasar Prambanan, Dusun Kranggan, Desa Bokoharjo, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman. Program kerja yang dibuat yaitu tentang Sosialisasi dan Penerapan Mengenai Pentingnya Mengurangi Sampah Plastik Melalui Penggunaan Sustainable Product Dengan Menggunakan Reusable Bag (Tas Belanja Berbahan Kain/Kantong Belanja Ramah Lingkungan) di lingkungan Pasar Prambanan.

Sasaran program kerja ini yaitu warga pasar prambanan baik pengunjung atau pembeli, pedagang, dan masyarakat sekitar pasar prambanan. Global warming merupakan permasalahan lingkungan yang terus berlanjut setiap tahunnya hingga saat ini. Berdasarkan analisis dari 87 stasiun pengamatan BMKG, suhu udara rata-rata sepanjang Juli 2022 adalah 26,8 derajat celcius. Angka ini meningkat dibanding suhu udara rata-rata bulan Juli di Indonesia selama periode 1991-2020 yang hanya 26,4 derajat celcius.

Mahasiswa KKNT Kelompok 82 UMBY Gelar Sosialisasi Pengurangan Sampah Plastik di Pasar Prambanan

Berdasarkan angka tersebut, suhu udara rata-rata pada Juli 2022 menunjukkan anomali positif atau lebih tinggi dari rata-rata klimatologi sebesar 0,4 derajat celcius. Anomali suhu udara Indonesia pada bulan Juli 2022 merupakan nilai anomali tertinggi kelima sepanjang periode data pengamatan sejak 1981.

"Salah satu penyebab pemanasan global adalah besarnya jumlah sampah masyarakat yang menghasilkan gas metana sebagai bagian dari Gas Rumah Kaca (GRK) yang menyebabkan efek rumah kaca merupakan salah satu penyebab terjadinya pemanasan global warming. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Indonesia sendiri telah menghasilkan 68,5 juta ton sampah pada tahun 2021, dimana sebesar 17 persen atau sekitar 11,6 juta ton adalah sampah plastik," ujar Kristina Andryani, S.Sos.,M.I.Kom, dosen pembimbing lapangan kegiatan ini.

Dari data KLKH tersebut mengenai jumlah sampah plastik, KKN-Tematik Kelompok 82 UMBY melakukan sosialisasi yang dilakukan pada hari Minggu 31 Juli 2022, bertempat di Ruang Pertemuan Lantai 4 Pasar Prambanan Sleman. Sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan edukasi atau pengetahuan mengenai bahayanya penggunaan dan penumpukan sampah plastik yang terus menerus semakin meningkat. Sosialisasi dilakukan bersama para pedagang paguyuban pasar prambanan yang turut dihadiri oleh Ketua Paguyuban Zainudin yang ikut menyampaikan aspirasi positifnya kepada tim KKN-Tematik Kelompok 82

“Saya selaku Kepala Paguyuban Pasar Prambanan senang dan berterimakasih dengan adanya KKN-Tematik Kelompok 82 ini yang memberikan edukasi tentang bagaimana mengurangi penggunaan plastik saat belanja dan upaya yang harus dilakukan agar

penggunaan plastik ini berkurang dengan adanya penggunaan tas kantong belanja ramah lingkungan, saya harap KKN-Tematik Kelompok 82 ini mampu memberikan kesadaran kepada masyarakat mengenai pentingnya pengurangan sampah plastik dengan cara salah satunya menggunakan tas ramah lingkungan saat belanja,” terang Zainudin.

Begitupun setelah dilakukannya sosialisasi tersebut kelompok KKN-Tematik 82 memberikan sebagian bentuk daripada upaya pengurangan penggunaan plastik yang sulit terurai melalui penggunaan sustainable product yaitu produk ramah lingkungan dalam bentuk yang sering digunakan adalah reusable bag (tas kain) sebagai pengganti kantong plastik. Dan membagikannya sebanyak 200 kantong tas kain kepada para pedagang demi membangun pasar menjadi pasar bebas plastik dan ramah lingkungan. (*)

Kredit

Bagikan