Peringati HUT RI dan KSOP, Ratusan Penyuka Sepeda Tua Ngonthel Bareng Susuri Perkampungan

user
danar 21 Agustus 2022, 20:10 WIB
untitled

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Para penyuka sepeda onthel atau sepeda tua diminta selalu menjaga hubungan silaturahmi sekaligus meningkatkan kepedulian sosial baik dengan sesama anggota maupun masyarakat umum khususnya yang membutuhkan bantuan.

Semakin erat hubungan kekeluargaan tentu persatuan dan kesatuan akan semakin kuat, sehingga setiap persoalan yang dihadapi bisa diselesaikan dengan mudah apalagi gotong royong menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya betul-betul bangga dengan kekompokan para penyuka sepeda onthel. Terbukti kegiatan hari ini diikuti banyak komunitas sepeda onthel dari berbagai daerah termasuk dari Kabupaten Sleman. Mudah-mudahan kekompakan bisa terus terjaga dan keberadaan komunitas ini betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas," kata tokoh masyarakat dan sesepuh Komunitas Sepeda Onthel Panjatan (KSOP), H Marija ST MT di sela mengikuti acara Ngonthel Bareng Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI dan HUT ke-2 KSOP di Kalurahan/ Kapanewon Panjatan, Minggu (21/8/2022).

Ngonthel bareng KSOP tidak hanya diikuti anggota komunitas tersebut, tapi juga dari komunitas lain seperti Komunitas Tirtorahayu (Komstir) Galur, Komunitas Kusuma dan Komunitas Pandawa dari Kabupaten Sleman.

Banyak hal positif yang bisa dipetik dari kegiatan KSOP. Selain dengan bersepeda menjaga kesehatan jiwa raga, juga berperan aktif melestarikan kendaraan kuno yang pada masa lalu memiliki sejarah dalam perjuangan kemerdekaan RI. "Belum lagi kegiatan-kegiatan sosial yang telah dilakukan sangat membantu masyarakat yang mengalami kesulitan," ujarnya didampingi anggota KSOP Suradi ST MT.

Ketua KSOP Arinto Tri Atmoko SE mengungkapkan komunitas tersebut terbentuk berawal dari beberapa penyuka sepeda onthel di wilayah Kapanewon Panjatan secara kecil-kecil melakukan kegiatan terbatas. Seiring perjalanan waktu jumlah anggota terus bertambah sehingga dibentuklah KSOP.

"Selain memang suka dan hobi bersepeda onthel, kami ingin berolahraga murah dan gratis serta ikut mengurangi polusi udara. Kami juga sering terlibat kegiatan sosial kemasyarakatan, seperti saat terjadi banjir di wilayah Kapanewon Panjatan beberapa waktu silam, kami ramai-ramai gotong royong membersihkan sampah di sungai yang menjadi penyebab banjir," ungkapnya.

Untuk menjaga hubungan harmonis antaranggota serta membahas kegiatan-kegiatan yang akan diadakan maka Pengurus dan anggota KSOP mengadakan arisan rutin dua minggu sekali. "Jadi kami tidak hanya sekadar senang-senang ngonthel bersama tapi juga berkegiatan lain terutama yang berkaitan dengan sosial kemasyarakatan," tuturnya.

Lurah Panjatan, Suhartana mengapresiasi positif kehadiran KSOP lantaran anggota komunitas tersebut selama ini sering ikut memeriahkan setiap ada acara di wilayahnya, termasuk ikut menyemarakkan Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. "Komunitas ini bisa merangkul banyak pihak sehingga ikut terlibat kegiatan-kegiatan di Panjatan," jelasnya. (Rul)

Credits

Bagikan