Sultan HB X Terima Uang Baru dari BI DIY Seri Khusus

user
agus 20 Agustus 2022, 21:50 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGJA.com - Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) menggelar acara peluncuran 7 pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022) di Jakarta pada 18 Agustus 2022. Ketujuh pecahan Uang TE 2022 tersebut secara resmi berlaku, dikeluarkan dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bertepatan pada HUT-77 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022.

Uang TE 2022 terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp.10.000, Rp5.000, Rp.2000, dan Rp.1000. Pengeluaran Uang TE 2022 yang bertepatan dengan momentum HUT RI ke-77 menjadi wujud semangat kebangsaan, nasionalisme, dan kedaulatan untuk menumbuhkan optimisme terhadap pemulihan ekonomi nasional. Hal ini selaras pula dengan tema HUT RI ke-77: Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

" BI bersama Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menerbitkan uang rupiah pecahan baru khususnya yang kertas TE 2022. Ada tujuh pecahan dari seribu sampai seratus ribu rupiah yang berlaku efektif per 17 Agustus 2022. Tetapi karena kita memerlukan waktu untuk meluncurkan, maka peresmian peluncuran Uang TE 2022 di pusat baru dilakukan pada 18 Agustus 2022," tutur Kepala Perwakilan BI DIY Budiharto Setyawan di usai menghadiri pembukaan JIFFINA 2022 di Jogja Expo Center (JEC) 2022.

Kantor Perwakilan BI DIY bertugas menyerahkan Token Of Appreciation (ToA) Uang Rupiah TE 2022 untuk pertama kali kepada Kepala Daerah, dalam hal ini kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Hal tersebut merupakan apresiasi dari BI kepada Gubernur DIY sebagai stakeholder utama Bank Indonesia maka diberikan seri khusus. Seri khusus ini artinya dari 7 pecahan uang rupiah TE 2022 ini bernomor seri sama yang menggambarkan kodenya beliau yaitu HB X, tanggal kelahiran, bulan kelahiran dan tahun kelahiran beliau.

" Saya serahkan langsung ToA kepada Pak Sultan satu paket yang terdiri tujuh pecahan uang rupiah baru dari seribu hingga seratus ribu rupiah. Jujur, yang harus pertama kali memiliki adalah Kepala Daerah jadi saya sendiri tidak membawanya. Bagi masyarakat bisa memperoleh uang rupiah TE 2022 ini dengan nomor seri yang biasa," terangnya.

Gubernur DIY Sultan HB X mengaku tidak akan membelanjakan uang rupiah baru dari BI DIY dengan seri khusus tersebut. Sultan akan mengoleksi pecahan uang rupiah kertas TE 2022 bernomor khusus tanggal,bulan hingga tahun kelahirannya tersebut. Dengan demikian BI DIY bisa segera mengedarkannya kepada masyarakat yang ingin segera menukarkan uang baru tersebut.

" Uang itu tidak akan saya belanjakan, buat koleksi. Saya selalu mendapatkan uang baru jika BI menerbitkan. Jika uang baru TE 2022 itu belum diserahkan kepada Gubernur maka tidak bisa beredar. Harusnya diserahkan besok, ya sudah disini saja boleh supaya uang barunya bisa segera beredar ke masyarakat," ungkap Raja Kraton Yogyakarta ini.

Budiharto menyampaikan dengan diserahkan pecahan uang rupiah kertas baru ini kepada Kepala Daerah maka bisa segera diedarkan kepada masyarakat berdasarkan asas kearifan lokal yang ditempuh BI. BI DIY telah menyiapkan pecahan uang rupiah kertas TE 2022 dengan jumlah yang cukup. Untuk pertama kali memberikan pengenalan kepada masyarakat diberikan kesempatan menukar maksimum lima paket pecahan lengkap per orang.

" Masyarakat yang ingin menukarkan pecahan uang rupiah kertas baru ini bisa mendaftarkan pemesanan melalui aplikasi PINTAR yang dapat diakses melalui laman https://pintar.bi.go.id. atau memilih lokasi penukaran di Kantor Perwakilan BI setempat dengan tanggal disesuaikan dengan yang tersedia. Pemesanan penukaran juga dilengkapi dengan kas keliling sesuai jadwal. Pelaksanaan penukaran dengan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan Pemerintah," jelasnya. (Ira)

Kredit

Bagikan