Kasatlantas Lantik PKS SD Pujokusuman 1 Yogyakarta

user
Ary B Prass 18 Agustus 2022, 23:27 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 33 siswa siswi dari kelas IV SD Pujokusuman 1 Yogyakarta dilantik menjadi PKS (Patroli Keamanan Sekolah) pada Kamis (18/08/22). Pelantikan PKS berlangsung dalam upacara di halaman SD Pujokusuman, dihadiri oleh Kasatlantas Poltabes kota Yogyakarta, Kompol Chandra Lulus Widiantoro, S.I.K beserta jajarannya, segenap guru pengajar dan seluruh murid SDN Pujokusuman.

Petugas upacara merupakan anggota PKS yang dalam beberapa hari ini dilatih oleh Unit Satlantas Poltabes kota Yogyakarta.

Penyematan topi polisi oleh Kasatlantas kepada dua anggota putra putri PKS sebagai simbol dilantiknya PKS. Di penghujung acara para anggota PKS menunjukan kebolehannya dalam peragaan tata aturan berlalu lintas dan mendapatkan sambutan meriah dari seluruh peserta upacara.

Dalam sambutannya selaku Inspektur upacara, Kasatlantas memberikan apresiasi sekaligus rasa bangga kepada anak anak peserta PKS, guru guru pembimbing dan satuan unit Satlantas poltabes kota Yogyakarta yang telah melatih baris berbaris, memberikan bimbingan tata cara peragaan aturan berkendara serta bimbingan mental menjadi polisi cilik.

Lebih lanjut Kasatlantas menyampaikan bahwa PKS sebagai wujud nyata hadirnya polisi untuk edukasi masyarakat, dimana kedisiplinan dalam berlalu lintas harus di mulai sejak usia dini.

"Ini sebagai upaya dalam kedisiplinan dan beretika dalam berkendara di jalan. Jika hal ini tertanam dalam pengetahuan dan nuraninya maka anak anak ini akan menjadi pelopor keselamatan bagi masyarakat terutama di jalan raya nantinya. Kami akan terus memantau dan membina dengan memberikan materi dan pelatihan yang terarah guna persiapan lomba polisi cilik,” ungkap Kompol Chandra.

Dalam kesempatan terpisah penanggung jawab pelaksana PKS SD Pujokusuman, Ilham Eryk Pratitis, menuturkan, PKS sebagai penjaringan minat bakat yang setiap tahun dilakukan.

“Program ini akan berkelanjutan mengingat SD Pujokusuman 1 pernah meraih juara polisi cilik tingkat propinsi. Perekrutan menjadi anggota PKS dimulai dari kelas IV karena sudah cukup nalar dalam wawasan, fisik yang mewadahi, kognitif dalam berlogika dan akan menjadi rule model saat di kelas lima dan enam. Nantinya mungkin akan di berlakukan prasyarat untuk minat bakat ini selain fisik dan kecakapan juga dalam prestasi pelajaran di kelas,” tutur Ilham yang juga sebagai guru olah raga ini. (*)

Credits

Bagikan