'Soledo Gelang Projo', Kolaborasi 3 Kabupaten

user
danar 16 Agustus 2022, 21:10 WIB
untitled

MAGELANG, KRJOGJA.com - Sebuah karya tari, yang merupakan kolaborasi dari 3 kabupaten yang ada di sekitar Borobudur, diluncurkan atau dilaunching Badan Otorita Borobudur (BOB) di area Marga Utama Candi Borobudur, Senin (15/8/2022) malam. Karya tari yang menggabungkan identitas 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Purworejo tersebut, dilaunching secara kolosal.

Penciptaan karya tari ini merupakan penggabungan 3 unsur khas dari tarian di setiap kabupaten tersebut. Ini seperti terlihat dari Tari Soreng dari Kabupaten Magelang, Tari Lengger Tapeng dari Kabupaten Kulon Progo dan Tari Dolalak dari kabupaten Purworejo, yang didesain secara estetika tari dengan komposisi sangat menarik, menunjukkan keharmonisan budaya di wilayah perbatasan. Tari Soledo (Soreng, Lengger Tapeng dan Dolalak) Gelang Projo dimainkan 108 penari dan 48 pengrawit.

Direktur Utama BOB Indah Juanita kepada wartawan usai launching mengatakan ini diharapkan akan menjadi contoh wilayah-wilayah yang lain. Dinas Pariwisata dari Kabupaten Magelang, Kulon Progo dan Purworejo dinilai sangat mendukung kolaborasi ini, sehingga bisa menjadi satu contoh yang baik untuk dicontoh wilayah lain.

Dari penciptaan tarian ini nantinya akan disosialisasikan agar semua dapat menarikan dan dapat melakukan atau menampilkan tarian ini manakala sedang menyambut tamu atau pada event-event tertentu. Dengan adanya tarian ini, lanjut Dirut BOB, tentu akan ada multiplayer efek bagi para pelaku pariwisata, baik dari pembuatan pakaiannya, penarinya dan juga pengrawitnya. Dan multiplayer efek ini akan bergulir terus dari hasil penciptaan ini.

Ditanya kemungkinan tarian ini juga akan diajarkan di sekolah-sekolah, dikatakan Dirut BOB, bahwa komitmen akan disosialisasikan di sanggar-sanggar dan sekolah-sekolah. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo Joko Mursito SSN MA menambahkan tarian ini menjadi tarian baru yang tercipta dari 3 unsur. Kesenian ini diciptakan untuk segala kalangan, anak-anak bisa, dewasa bisa dan orang tua pun bisa.

Dirut BOB juga menambahkan ini merupakan hadiah bagi HUT ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022. Baik semangat dan dinamisnya gerakan serta irama musik yang ditampilkan sangat bagus hasilnya, para penari juga semangat sekali menampilkannya, demikian juga ekspresinya. "Pokoknya surprise," katanya sambil menambahkan kostum atau pakaian yang dikenakan juga dibuat baru. (Tha)

Credits

Bagikan